Inilho, Cara Mudah Bersihkan Casing HP Sesuai Bahannya

Berdasarkan sebuah penelitian, Handphone berpotensi membawa kuman 10 kali lipat lebih banyak dari dudukan toilet. Apalagi saat pandemi virus Covid-19, pengguna HP disarankan untuk membersihkan secara rutin, agar tetap menjaga kebersihan dan terhindar dari sebaran penyakit serta virus.

Nah, sebagian besar HP itu dilengkapi dengan aksesoris pelindung, salah satunya casing yang memiliki banyak jenis, ada yang berbahan dasar silikon, plastik, kayu dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan casing atau pelindung HP sesuai jenis bahannya:

1. Casing HP berbahan plastik
Bahan : Cairan pemutih, Air, Spons, Kain/sikat gigi bekas dan Sarung tangan karet

Caranya : Campurkan sekitar satu sendok makan pemutih cair ke gayung yang berisikan air. Kemudian rendam casing tersebut 5 hingga 10 menit. Jika casingnya punya noda yang membandel, disarankan untuk merendamnya lebih lama hingga nodanya sedikit hilang.

Lalu gosok casing dengan spons, kain, atau gosok gigi bekas pada bagian yang kotor. Kemudian Bilas casing secara menyeluruh dengan air mengalir hingga bersih, lalu keringkan dengan menggunakan kain atau tisu.

2. Casing HP berbahan karet silicon

Bahan : Air, Spons, Kain/ sikat gigi bekas, Sarung tangan karet, Soda kue (opsional), sabun cuci piring.

Caranya : Tambahkan 2 sendok sabun cuci piring ke dalam gayung atau ember yang berisikan air panas, lalu aduk rata hingga sabun larut. Kemudian rendam spons atau kain ke dalam larutan sabun.

Lalu, Gosok casing dengan menggunakan spons dan sikat gigi bekas. Jika noda masih tidak dapat dibersihkan, disarankan untuk menaburkan 2 sendok teh soda kue di atas noda yang sulit dibersihkan. Lalu gosok dengan menggunakan sikat gigi.

Kemudian, Bilas casing dengan air bersih, dan keringkan dengan menggunakan lap keringCara

3. Casing HP berbahan kayu

Bahan : Air, Cuka, Sabun cuci piring (opsional), Botol spray, Kain

Caranya : Isi botol spray dengan 200ml air dan ditambahkan 2 sendok cuka, lalu aduk hingga rata. Kemudian, Semprotkan larutan ke casing dan seka dengan kain lembab. Disarankan untuk tidak terlalu membasahi casing, karena dapat mempengaruhi kualitas kayu.

Seka kembali dengan handuk kertas atau kain kering untuk menghilangkan kelembaban di casing.

4. Casing HP berbahan kulit

Bahan : Air, Sabun cuci tangan, Kain, Kondisioner

Caranya : Campurkan air hangat dan sabun tangan pada sebuah gayung, dengan perbandingan 2 sendok makan sabun untuk 1 gayung berisi air. Lalu, celupkan kain ke larutan air tersebut, kemudian peras hingga lembab dan lap casing kulit Anda dengan kain tersebut dan gosok ke seluruh bagian.

Keringkan casing dengan menggunakan kain kering atau tisu, untuk menjaga kelembaban pada casing, disarankan untuk membalutkan kondisioner ke seluruh bagian casing.

Itulah cara bersihkan casing HP atau smartphone Anda, agar tetap menjaga kebersihan disarankan untuk melakukannya secara rutin.(sma/udi)

Baca juga :