Awas, Jangan Biasakan Tidur Tanpa Bantal, Ini Resikonya

Tidur merupakan istirahat yang baik untuk kesehatan, sehingga tempat tidur yang nyaman akan semakin membuat istirahat yang berkualitas.

Namun, ada hal penting yang harus dipahami terkait posisi tidur, termasuk peran bantal yang sebenarnya cukup penting, karena tidur tanpa bantal berpotensi memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

Lalu, bagaimana dengan orang yang terbiasa tidur tanpa bantal ?

dr Arina Ikasari Muhtadi Sp.THT-KL, Spesialis Telinga Hidung Tenggorok dan Bedah Kepala Leher mengatakan, Bantal adalah suatu keharusan untuk tempat tidur. Dan dari sisi medis, tidak pernah disarankan untuk tidur tanpa bantal.

Arina menyebutkan, ada beberapa penyakit yang berpotensi menyerang orang yang tidur tanpa bantal, misalnya refluks atau penyakit asam lambung.

Arina juga menjelaskan, yang terpenting adalah meninggikan kepala ketika tidur dengan posisi minimal 30 derajat atau seukuran satu bantal.

Untuk penderita penyakit jantung dianjurkan menggunakan dua bantal agar jantung akan lebih mudah bekerja. “Intinya dari sisi medis bantal harus tetap ada,” katanya, seperti dikutip dari Kompas.com

Sementara menurut Medical News Today, bantal dapat membantu menjaga tulang belakang dan leher tetap sejajar selama tidur sehingga mencegah sakit punggung dan leher.

Bagi orang-orang yang tidur telentang atau menyamping, tidur tanpa bantal bisa menyebabkan sakit leher dan punggung. “Kebiasaan ini dapat mengganggu kualitas tidur serta memicu sakit leher dan punggung,” demikian dipaparkan dalam laman tersebut.

Ada berbagai macam bantal di pasaran dengan segala fungsi dan teknologinya. Hal ini bisa dipilih sesuai dengan kebiasaan posisi tidur seseorang. Jika lebih sering tidur telentang, dianjurkan menggunakan bantal yang lebih tipis agar kepala tidak terlalu menekuk ke depan.

Bantal memory foam atau bantal dengan bagian bawah yang lebih tebal dan bagian tengah yang lebih tipis akan menyangga leher dan membantu menjaganya tetap sejajar.

Tak hanya itu, tidur dengan bantal lain di bawah lutut juga dapat membantu meringankan tekanan pada punggung bawah. Tidur dengan bantal di antara lutut juga bisa membantu menyelaraskan tulang belakang dengan lebih efektif.

Namun, jika sudah pakai bantal yang baik dan tempat tidur yang nyaman tapi masih mengalami gangguan tidur , berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan solusinya yang tepat secara medis.(tim/sma)

Redaksi : Suara Mojokerto
Sumber :

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :