Walikota Mojokerto Silaturahmi Bersama Lintas Agama di Hari Raya Imlek

Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari menggelar Silaturahmi Forkopimda bersama Lintas Agama dalam rangka Merajut Harmoni Imlek di Bumi Mojopahit.

Bertempat di Pendopo Rumah Rakyat, Pemerintah Kota Mojokerto menghadirkan lawak Srimulat Mojokerto dan pertunjukan Wayang Potehi dari Museum Gubug Wayang, Kamis (11/2/2021).

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari mengaku, bangga melihat warga Kota Mojokerto yang hidup dengan berbagai pluralismenya dan mampu menjaga harmoni dan toleransi dalam kehidupan beragama, serta dalam kehidupan sosial dan budaya.

Perayaan Imlek yang digelar secara virtual ini sebagai apresiasi, memberikan ruang bahwa kehidupan berbudaya di Kota Mojokerto ini juga tidak lepas adanya alkulturasi budaya Cina yang mewarnai masyarakat Jawa yang ada di Kota Mojokerto.

Klenteng Hok Sian Kiong yang didirikan pada abad ke-11 adalah salah satu bukti akulturasi budaya Cina yang masuk ke pulau Jawa melalui pintu gerbang Mojokerto.

Lebih lanjut Ning Ita menjelaskan bahwa keselarasan kehidupan beragama di Kota Mojokerto juga mendapat apresiasi dari Kementrian Agama RI dengan diperolehnya Harmony Award pada Januari lalu, begitu juga dengan kebudayaan yang ada di Kota Mojokerto juga mendapat apresi dengan memperoleh Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat.(sma/udi)