Belajar Tangani Bencana, Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto kunker ke Yogyakarta

DPRD Kabupaten Mojokerto menggelar kunjungan kerja ke kota Yogyakarta pada Jumat (19/2/2021). Kegiatan ini untuk study banding penanganan bencana yang juga kerap terjadi di Mojokerto.

Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV H Sopi’i bersama Wakil Ketua Hj. Evi Kusumawati, S.Tp, Sekretaris Amiruddin, S.Pd.i dan anggota Komisi IV diterima langsung oleh ibu Maria Rista Sekundari, S.H Kasubbag Kerja Sama dan Aspirasi Sekretaris DPRD Kota Yogyakarta.

H Sopi’i, ketua rombongan mengatakan, banyak yang bisa dipelajari dari kota Yogyakarta mengenai permasalahan banjir seperti melakukan naturalisasi dan normalisasi sungai ini menjadi salah satu upaya efektif mengatasi banjir.

“Juga terkait konsep kelembagaan mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang aktif mulai dari sebelum terjadinya bencana,” ungkapnya.

Kata Sopi’i, penanganan bencana juga harus dilakukan dengan cara bersinergi dengan masyarakat dan unsur terkait lainnya. “Tetap harus digerakkan guna membangun kesadaran akan pentingnya manejemen penanganan dan pengurangan resiko bencana,” ungkapnya.

Sopi’i juga mengatakan, penanganan bencana di kota Yogyakarta sangat bagus. Baik ketika terjadi gunung meletus maupun menangani bencana banjir.

“Kami banyak mendapatkan masukan masalah dampak penanganan banjir mudah mudahan kajian ilmu yang di sampaikan kita laksanakan di kabupaten Mojokerto,” tegasnya.(sma/ADV)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :