Awas, Peredaran Upal di Mojokerto Sasar Pedagang Kecil, Ini Modusnya

Peredaran uang palsu (upal) kembali muncul di Mojokerto. Sejumlah pedagang kaki lima menjadi sasaran empuk para pelaku yang membeli dengan mengunakan uang palsu tersebut.

Seperti yang dialami seorang pedagang pentol bernama Gatot (42) warga Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Dia menjadi korban setelah pembelinya mamakai uang palsu pecahan 100 ribu.

Gatot menceritakan, saat itu ia berjualan di kawasan Dam Rolak Songo, Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, pada Kamis petang (25/2/2021).

Tiba-tiba, ada pembeli pentol sebesar Rp 20 ribu, ia pun bersemangat dan tanpa mengecek uang pecahan Rp 100 ribu yang dibayarkan. Ia baru sadar ketika membeli rokok di warung, dan ternyata uangnya palsu.

“Saya baru tau kalau itu (uang,Red) palsu itu diberi tahu oleh penjual rokok. Setelah saya beli uang saya dikembalikan katanya palsu, untung rokoknya belum saya buka,” ungkapnya, Sabtu (27/02/2021).

Sementara ciri-ciri pelakunya, seorang pemuda yang diperkirakan berusia 20 tahun dengan menggunakan sepeda motor Megapro. “Ciri-cirinya itu, kelihatanya di seperti masih anak SMA dia pakai motor Mega Pro memakai jaket dan celana pendek, saya sering lihat anak ini (pelaku) sering ngopi di warkop sekitar sini,’’ terangnya.

Gatot juga mengatakan, saat memesan pentol pemuda tersebut terlihat cukup gugup dan tergesah-gesah. Tapi, merasa curiga ketika pembeli tersebut buru-buru pergi setelah mendapat kembalian.

Sedangkan ciri-ciri upal yang diterima Gatot sebenarnya jauh berbeda dengan uang asli. Mulai dari teksturnya yang lebih halus, juga kertasnya yang lebih tipis dan mudah lecek. Selain itu juga tak tampak pita benang yang melintang di kertas uang.

Namun, satu hal yang paling membedakan, tidak ditemukan gambar tokoh ketika uang tersebut diterawang di bawah cahaya.

Penipuan dengan uang palsu ini tidak hanya dialaminya. Beberapa waktu yang lalu seorang penjual bakso di Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, juga menjadi korban uang palsu dengan modus yang sama.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :