Pulang dari Libanon, Prajurit TNI di Mojokerto Sukses Budidaya Buah Tin, Ini Kisahnya

Seorang anggota TNI di Mojokerto sukses membudidayakan buah Tin, bahkan setiap bulan ia kebanjiran order hingga dikirim ke luar negeri. Dialah Kopral Satu (Koptu) I Wayan Sudiyasa Babinsa Koramil Kuterejo, Kabupaten Mojokerto.

Kopral Wayan memulai budidaya buah tin sejak 2014 silam setelah ia bertugas di Libanon terganung dalam Satgas Kontingen Garuda XXIII-H/UNIFIL dalam misi kemanusiaan pada tahun 2013.

Kata Wayan, di Libanon pohon tin ini dibudidayakan dan ada juga yang tumbuh liar. Kemudian, setelah kembali ke tanah air, Wayan tertarik untuk membudidayakan di Indonesia. “Saya bawa tujuh batang, kemudian ditanam di teras rumah,” ungkapnya, Sabtu 6 Maret 2021.

Berkembangnya waktu, dirinya pun mencoba menanam di lahan pertanian seluas 500 meter persegi yang berada di Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto miliknya.

Tanaman dengan nama ilmiah ficus caricadi itu pun tumbuh subur. Bahkan hasilnya tanaman dan hasil panen cangkok melimpah ruah. “Jadi kita menggunakan sistem cangkok pada batangnya. Tin inikan tidak berbunga, tapi berbuah diketiak batangnya,” jelasnya

Saat ini, pria kelahiran Bali ini berhasil membudidayakan banyak jenis tanaman buah tin. Diantaranya black mission, brown turkey, adriatiz, blue garden, khrutmani palestine, calimyrna, kadota, alma,purple jordan, green jordan, dan yang paling diminati jenis jolly tiger varigata.

Kata Wayan, batang buah tin memiliki banyak manfaat dan khasiat diantaranya untuk mencegah kanker hingga vitalitas pria. Dan saat ini, Wayan mengaku permintaan bibit buah tin cukup banyak, bahkan tembus mancanegara, mulai dari asia hingga eropa. Diantaranya Bangladesh, Vietnam, Malaysia, hingga benua eropa Prancis.

Lanjutan Berita : >>> Budidaya Mudah, Untung Berlimpah… Omsetnya Kopral Bikin Wow…

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :