Jumat Hari Ini, ada Pemadaman Listrik di Mojokerto dan Ini 9 Penyebab Korsleting

Berikut 9 penyebab korsleting listrik dan cara Pencehannya :

1. Masalah instalasi listrik
Instalasi listrik yang tidak baik berpotensi besar jadi penyebab korsleting listrik di rumah. Jadi, gunakan jasa layanan instalasi listrik yang punya kompetensi. Misalny anggota dari Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia, AKLI dan Sertifikat Layak Operasi (SLO).

2. Kabel-kabel rusak
Kabel mengelupas atau digihit tikus, terlindas lemari dll juga bisa menyebabkan korsleting. Perlu dilakukan pengecekan secara rutin, bila ditemukan bisa diplester khusus listrik atau diisolasi, jika sudah sangat parah, ada baiknya diganti.

3. Colokan listrik menumpuk
Terlalu banyaknya kontak T atau sejenisnya yang menumpuk pada colokan listrik juga bisa memyebabkan korsleting. Sebaiknya, jangan menumpuk kontak T atau memberi banyak beban pada stop kontak.

4. Alat listrik terkena cairan

Alat atau sumber listrik yang terkena cairan, bisa menyebabkan korsleting listrik. Maka dari itu, letakkan benda yang mungkin mengandung cairan seperti dispenser air minum, aquarium, tempat cuci piring, mesin cuci sejauh mungkin dari peralatan atau sumber listrik.

5. Alat listrik dekat sumber panas

Paparan panas berlebih juga bisa menjadi salah satu penyebab korsleting listrik karena berpotensi menimbulkan percikan api. Sebaiknya juga menjauhkan peralatan listrik dari sumber panas seperti kompor dan sebagainya.

6. Sambungan kabel tidak rapi

Kondisi sambungan kabel yang tidak rapi juga akan menjadi penyebab korsleting listrik. Maka dari itu, jika menyambung kabel haru rapi, baik saat menyolder atau memberi isolator.

7. Kontak colokan kendur

Posisi colokan yang sudah tidak stabil akan berpotensi menimbulkan percikan api yang bisa menyebabkan hubungan arus pendek atau sambungan yang nge-fong.

8. Komponen atau alat listrik tidak standar

Penggunaan komponen atau alat listrik tidak standar juga meningkatkan risiko timbulnya korsleting listrik. Cara mencegahnya adalah menggunakan berbagai peralatan listrik, baik seperti kabel-kabel, stop kontak, saklar, steker yang memiliki SNI atau Standar PLN

9. Kebocoran rumah

Mungkin jarang disadari, adanya kebocoran di atap rumah bisa saja membasahi beberapa bagian yang terdapat sumber listrik dan menyebabkan korsleting.

(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :