Ngintip Masjid Tertua di Mojokerto, Berusia 128 Tahun, Bakal jadi Museum

Masjid Darussalam yang berlokasi di Jalan Raya Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu masjid tertua di Bumi Majapahit. Bangunan tertua itu dibangun pada era penjajahan kolonial Belanda tahun 1893.

Masjid yang kini berusia 128 tahun ini kali pertama dibangun oleh Bupati Mojokerto pertama Kromodjojo Adinegoro III. Hal itu sesuai dengan prasasti pembangunan yang terpasang di dalam masjid.

Meski telah usang, namun hingga kini prasasti masih terus melekat di dinding masjid. Bahkan terdapat foto Bupati Mojokerto pertama Kromodjojo Adinegoro III yang masih terpasang di dinding masjid.

Seiring berjalannya waktu, masjid ini kini tidak lagi ditempati untuk kegiatan ibadah. Karena untuk ibadah sudah dipindahkan ke bangunan masjid baru yang berada perses di belakang persis masjid. Dan masjid lama ini digunakan sebagai kegiatan mengaji anak sekitar.

“Masjid ini memang dibangun oleh Bupati Mojokerto pertama, Kromodjojo Adinegoro III. Ini prasasti peninggalannya, tanggal 15 Januari 1893 masjid ini mulai dibangun, prasasti itu juga dilengkapi aksara jawa dan tulisan arab,” ujar Muchammad Mansyur, takmir Masjid Darussalam, Sabtu (24/04/2021).

Menurutnya, awalnya bangunan masjid lama itu bakal diratakan dan dijadikan museum. Mengingat masjid tersebut merupakan bangunan tua di Mojokerto. Terlebih lagi, masjid ini merupakan saksi perkembangan Islam di Mojokerto pada zaman penjajahan Belanda.

Berita Lanjutan : Mau Dijadikan Musium, Selamatkan Mimbar Kuno….

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :