Kota Mojokerto Masuk 16 Daerah Di Indonesia Dengan Capaian Vaksinasi Lansia Tertinggi

Kota Mojokerto menjadi satu dari 16 daerah dengan capaian vaksinasi Covid-19 lansia tertinggi. Bahkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia di kota ini menjangkau 51 %.

PIC (person in charge) Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, peringkat capaian vaksinasi lansia itu diperoleh dari laman Kemenkes yang dilansir per 25 April 2021. Kemenkes mencatat 16 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan capaian vaksinasi lansia lebih dari 50 persen.

Kota Administrasi Jakarta Pusat berada di urutan pertama dengan capaian 107 %, disusul Kabupaten Bandung 88 % dan Kota Surabaya 74 %. Kota Mojokerto berada di urutan ke-16 dengan capaian vaksinasi lansia sebesar 51 %.

Angka 51% terkonversi dari sekitar 8 ribu sasaran vaksinasi lansia tahap pertama berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Sementara Ika Puspitasari, Walikota Mojokerto mengatakan, di seluruh Indonesia ada 498 Kabupaten/Kota dengan capaian vaksinasi lansia dibawah 50 %. Dan tercatat 8 Kabupaten/Kota yang belum memulai pelayanan vaksinasi lansia.

“Kita patut bersyukur, Kota Mojokerto masuk dalam daftar Kabupaten / Kota se Indonesia dengan capaian vaksinasi lebih dari 50 persen. Karena, daerah lain yang berada 16 besar sebagian besar merupakan kota besar dengan dukungan sentra vaksinasi dari Kementerian BUMN,” kata, Ning Ita, Rabu (28/4/2021).

Ning Ita mengatakan, secara nasional program vaksinasi untuk lansia di Indonesia terbilang lambat. Dari target sasaran 21,6 juta lansia, baru sekitar 11 persen yang sudah mendapatkan suntikan pertama vaksin Covid-19.

“Kita akan mendekatkan akses layanan vaksinasi ke kelurahan sebagai upaya percepatan. Kita akan menerapkan pola konvensional dengan meningkatkan kerjasama antara tim sosialisasi dan kelurahan untuk mobilisasi vaksinasi lansia,” pungkasnya.(sma/ADV)