Poli Ongkologi RSU Kota Mojokerto Edukasi Pasian dan Serukan Periksa Sejak Dini

dr Djoko Soelistijono Sp.B(K)Onk, Penanggung jawab Poliklinik Bedah Onkologi

Sejak dibukanya Poliklinik Onkologi di RSU Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto yang khusus menangani pasien penyakit kanker. Sebagian pasien yang datang sudah dalam stadium lanjut atau stadium 3 atau 4 sehingga perlu perawatan yang intensif.

dr Djoko Soelistijono Sp.B(K)Onk, Penanggung jawab Poliklinik Bedah Onkologi mengatakan, sebenarnya poli onkologi juga menangani pencegahan. Artinya, masyarakat bisa memeriksakan sejak dini agar lebih mudah disembuhkan.

‘’Semakin dini penyakit kanker dideteksi, semakin besar peluangnya untuk sembuh. Kita juga melakukan edukasi untuk melakukan pencegahan dengan gaya hidup sehat.’’ ujarnya.

dr Joko juga mengatakan, untuk mendeteksi penyakit kanker, pertama yang harus dipahami masyarakat diantaranya penyakit kanker pada dasarnya adalah penyakit yang muncul akibat genetik ataupun gaya hidup.

Gaya hidup yang sehat dapat menurunkan risiko terjadinya kanker pada seseorang memberikan edukasi kepada pasien dan mayarakat untuk mencegah sekaligus deteksi dini terhadap kanker itu sendiri. Misalnya pencegahan kanker berupa vaksin HPV atau IVA untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

Tim Poliklinik Bedah Onkologi RSU Kota Mojokerto

Kemudian untuk deteksi dini kanker payudara dengan SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri ,merupakan pemeriksaan yang dapat dilakukan secara mandiri dengan cara meraba payudara untuk mendeteksi apakah ada perubahan fisik, seperti benjolan, atau perubahan puting dan kulit di payudara.

Sementara kalau membutuhkan pemeriksaan dan penanganan, bisa langsung datang ke Polikilinik Bedah Onkologi di RSU dr Wahidin.Sudiro Husodo Kota Mojokerto yang buka setiap hari Selasa dan Kamis sejak 13.00 Wib hingga 18.00 WIB.(sma/ADV)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :