Ini Data 3 Kota Terkecil di Indonesia, Kota Mojokerto ?


2. Kota Magelang

Kota terkecil di Jawa Tengah dan Indonesia ini hanya memiliki luas 18,54 km persegi. Luas kota ini hanya sekitar 0,06 persen dari luas wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Meski begitu Kota Magelang merupakan ibu kota eks Kariesidenan Kedu yang meliputi Kabupaten Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Magelang, Temanggung dan Kota Magelang.

Sejak Januari 2007, wilayah administrasi Kota Magelang terbagi menjadi tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Magelang Selatan, Kecamatan Magelang Tengah, dan Kecamatan Magelang Utara.

Kota terkecil di Indonesia ini memiliki potensi wisata yang kuat. Lanskap kota yang berada di antara gunung adalah salah satu keunggulan kompetitif. Diantara Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Tidar serta sebuah bukit yang yang berada di jantung Kota Magelang, berfungsi sebagai paru-paru kota.

3. Kota Sibolga

Kota Sibolga berada di Sumatra Utara menjadi kota terkecil di Indonesia. Berdasarkan data BPS Kota Sibolga, daerah ini hanya memiliki luas wilayah 10,77 km persegi atau 107.700 hektare yang terdiri atas 88.900 hektare di daratan di Pulau Sumatera dan 18.800 hektare daratan berupa kepulauan.

Kota ini hanya punya empat kecamatan yaitu Sibolga Selatan, Sibolga Sambas, Sibolga Utara, dan Sibolga Kota. Di kota ini kecamatan terkecilnya adalah Sibolga Sambas yang luasnya hanya 1,57 km persegi.

Di kota ini, populasi babi jauh lebih banyak dibandingkan dengan hewan ternak lainnya seperti sapi atau kambing.(tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :