Banyak Orang Meninggal, Muncul Mitos Lampor, Seperti Apa Itu ?, Ini Penjelasannya

Sosok Lampor, akhir-akhir viral di media sosial hingga anak-anak pengguna Tik-Tok. Sehingga, banyak yang penasaran mengenai wujud Lampor asli.

Awalnya, video terkait Lampor ini muncul di Tiktok dengan tampilan seperti keranda mayat yang terbang di atas atap sebuah rumah. Lalu, sebenarnya apa itu Lampor ?

LAMPOR, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya adalah makhluk halus yang berarak.

Lampor memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga lampor dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Istilah Lampor bagi orang-orang tua kerap digambarkan sebagai keranda kosong yang berjalan dan mencari sasaran pemumpangnya. Tapi, wujudnya tak terlihat secara kasat mata.

Mengutip akun YouTube RJL 5 pada Rabu 14 Juli 2021 dijelaskan oleh Fajril Aditya, bahwa lampor ternyata sebuah mitos yang sebenarnya pernah ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dalam videonya, Fajril menyampaikan pernyataan dari Dwi Cahyono, sejarawan asal Malang. Kata dia, isu setan Lampor semacam itu pernah marak terjadi di Jawa Timur dan Jawa Tengah hingga pada tahun 1960an.

Mitos Lampor kerap dikaitkan dengan terjadinya sebuah wabah penyakit atau bencana. Jika didatangi Lampor maka orang bisa mati dalam tidurnya.

Berita Lanjutan : Mitos Lampor adalah Sosok Besar penjemput Arwah, Ada Kisah Nyata dari Temanggung

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :