Ngintip Suasana Brunei Darussalam, Tetangga Indonesia yang Sukses Atasi Corona hingga 0 Kasus

Di Indonesia kini kasus Covid-19 meningkat tajam, pertambahan kasus per hari mencapai sekitar 40 ribu lebih kasus baru per hari hingga diberlakukan PPKM Darurat mulai 3 – 20 Juli 2021.

Hal ini sangat berbeda dengan Brunei Darussalam, negara tetangga Indonesia yang sukses menangani kasus Covid-19 hingga 0 kasus. Dan kini masyarakat di Brunei sudah beraktifitas nyaris normal, masyarakat tidak harus pakai masker dan berbagai acara juga sudah diperbolehkan.

Brunei Darussalam memang mencatatkan rekor terbaik di dunia dalam penanganan pandemi. Selama 430 hari, tak ada kasus infeksi Covid-19 lokal yang terjadi.

Hingga kini, dari 282 total kasus Covid-19, sekitar 256 orang sudah sembuh dan hanya tiga orang meninggal dunia karena corona. Lalu apa yang dilakukan negeri yang berada di ujung Kalimantan itu ?

Mengutip East Asia Forum, ada sebuah strategy negeri Sultan Hassanal Bolkiah dalam memerangi pandemi. Seorang peneliti bernama Nadia Azierah Hamdan dan William Case dari University of Nottingham Malaysia menyampaikan analisis dalam artikel berjudul “Behind Brunei’s Covi-19 Success Story”

Ini bukan baru dimulai sekarang. Tapi langkah Brunei sudah dilakukan sejak awal 2020, ketika corona pertama menyebar secara global dari episentrum saat itu, Wuhan, Hubei, China.

Pada Januari 2020, Brunei langsung mengambil langkah tegas, melarang pelancong dari Hubei masuk negaranya dengan melakukan penyaringan kedatangan dari semua negara dengan melakukan pemeriksaan suhu di titik-titik masuk.

Kasus Covid-19 di Brunei mulai terdeteksi pada 9 Maret dan mulai menyebar hingga mencapai 100 kasus dalam waktu 15 hari. Hal ini dipicu dengan adanya seorang jemaah majelis taklim yang berkunjung ke Malaysia.

Berita Lanjutan : Simak Video Suasana di Brunei, Warga Tak Harus Pakai Masker dan bebas berkumpul…

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :