Imlek 2022, Ratusan Lampion Mulai Hiasi Klenteng Hok Sian Kiong Mojokerto.

Menjelang perayaan Tahun Baru Cina yang jatuh pada 1 Februari 2022 mendatang.

Klenteng Hok Sian Kiong yang berada di

di Jalan Residen Pamuji, Kota Mojokerto mulai dihiasi pernak-pernik.

Tempat ibadat tertua di Kota Mojokerto itu telah dihisai dengan ratusan pernik-pernik lampion serbamerah. Mulai dari halam hingga didalam klenteng.

Dalam menyambut Imlek tahun ini pengurus klenteng bakal melakukan sejumlah tradisi mulai dari pembersihan rupang para dewa hingga punca imlek yang akan di lakukan pada 1 Februari 2022 mendatang.

Pengurus Yayasan TITD Hok Sian Kiong Gede Sidarta, menjelaskan, beberapa hari ini pengurus kelenteng telah melakukan sejumlah persiapan. Dan hari ini, Rabu (19/01/2022) pengurus klenteng mulai mempersiapkan pernak pernik dalam menyambut Imlek.

Selain itu, pengurus juga melakukan bersih-bersih kecil dan pembenahan dan pengecatan ulang. Baik di dalam tempat ibadah maupun di area halaman kelenteng.

Meski perayaan Imlek masih di masa pandemi, nantinya peribadatan di Klenteng Hok Sian Kiong bakal tetap dilakukan dengan pembatasan 60 sampai 70 persen.

”Dulu hanya 50 persen, sekarang kemungkinan bisa 60-70 persen dari kapasitas,” ucapnya.

Kata dia, dalam menyambut Imlek tahun ini, Klenteng Hok Sian Kiong juga bakal melakukan tradisi, pembersihan kelenteng secara total mulai dilakukan seminggu sebelum hari puncak atau pembersihan rupang dewa yang rencananya akan dilakuka pada 26 Januari 2022 mendatang.

Dirinya menyebut, imlek pada tahun ini tidak ada tema yang signifikan, hanya saja dirinnya berharap semoga semua umat sehat.

“Karena kondisi sampai saat ini kan masih Pandemi, perayaan yang bersifat mengundang kerumunan masih kita tiadakan, mulai dari atraksi barongsai hingga pagelaran wayang,” bebernya.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan tahun lalu 2021, perbedaan perayaan Imlek di Hok Sian Kiong ini yakni pada tahun 2022 direncanakan akan akan ada bakti sosial dan juga akan ada ornamen berupa lampion di sepanjang Jalan Mojopahit.

“Dibandingkan tahun lalu. Perbedaannya barang kali nanti ada pasar murah,” tegasnya.

Tahun baru China yang sering disebut sebagai Tahun Baru Imlek merupakan salah satu hari raya terpenting bagi masyarakat etnis Tionghoa. Menurut astrologi kuno China, tahun 2022 merupakan Tahun Macan Air.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :