Ini Cara Alami Jernihkan Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Digunakan Lagi

3. Memanfaatkan serai

Serai juga bisa digunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang ada diminyak jelantah. Caranya cukup mudah, Anda bisa memanaskan terlebih dahulu minyak bekas tersebut. Kemudian memasukkan serai yang sudah digeprek dalam minyak jelantah.

Diamkan serai dalam minyak selama dua jam. Setelah itu, keluarkan serai dan aroma minyak goreng akan hilang.

4. Menyaring minyak menggunakan kulit pisang

Manfaat buah pisang untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun siapa sangka jika kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menjernihkan minyak bekas.

Caranya, potog kulit pisang dan bersihkan kulit pisang hingga halus dan lembut. Setelah itu, letakkan kulit pisang di atas saringan dan letakkan wadah di bawhanya.

Tuang minyak bekas ke atas saringan dan biarkan minyak masuk ke wadah tersebut. Secara otomatis, kulit pisang akan memisahkan kotoran pada minyak bekas. Sehingga minyak goreng kembali jernih.

5. Memanfaatkan nasi putih

Selain kaya karbohidrat, nasi putih juga bisa dimanfaatkan untuk menjernihkan minyak goreng bekas. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan segenggam nasi yang sudah dikepalkan sampai padat.

Kemudian masukkan nasi genggam tersebut dalam minyak goreng. Bolak balik dan tekan nasi hingga seluruh kotoran pada minyak menempel ke nasi.

6. Menggunakan arang halus

Arang memiliki sifat yang dapat menyerap kotoran dan residu. Nah, untuk menjernihkan monyak goreng, Caranya :

Siapkan minyak goreng bekas dalam wadah. Lalu, masukkan dua genggam serbuk arang ke dalam minyak goreng. Aduk sampai merata, lalu tunggu sebentar. Jika sudah bersih, saring minyak agar arang terpisah.(tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :