Awas, Jangan Tidur Langsung Setelah Sahur, Ini Bahayanya

Banyak diantara kita yang suka tidur langsung setelah makan sahur. Bahkan, seringkali kita makan sahur sambil mengantuk berat, sehingga begitu selesai langsung rebahan dan tertidur.

Padahal, tidur setelah sahur cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh kita dan bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Mengutip laman Universitas Airlangga (Unair), langsung tidur setelah makan akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti peningkatan asam lambung dan penimbunan lemak.

Lalu, kapan sih sebenarnya waktu yang tepat untuk tidur setelah sahur?

Nah, waktu ideal untuk tidur setelah sahur, tergantung dari jenis makanan yang baru saja masuk ke dalam tubuh. Jika makanan berupa protein, karbohidrat, dan sayuran, maka membutuhkan kurang lebih 3 jam bagi sistem pencernaan untuk mencerna dengan sempurna.

Oleh karena itu, jika sahur selesai pukul 04.00 WIB, maka tunggulah hingga pukul 07.00 WIB untuk kembali tidur.

Selain itu, tubuh paling nyaman mencerna makanan dalam posisi tegak sehingga akan mempermudah kinerja dari sistem pencernaan. Tubuh juga membutuhkan waktu sedikitnya 2 jam untuk bisa mencerna makanan.

Durasi ini, makanan mulai bergerak ke usus kecil dan kemungkinan untuk mengalami berbagai masalah pencernaan menjadi berkurang.

Adapun untuk menyiasati rasa kantuk usai santap sahur, ahli gastroenterologi dr Ari Fahrial Syam menyarankan untuk beristirahat dengan posisi tubuh setengah duduk dan bantal yang ditinggikan sebagai sandaran.

“Istirahat setengah duduk dengan bantal yang ditinggikan,” kata dia, dikutip dari laman Unair.(tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :