Gelar Lompa Patrol, Pemkot Mojokerto Suguhkan Harmonisasi Budaya dan Dakwah

Pemkot Mojokerto menggelar Lomba Musik Patrol Tradisional di depan Kantor Pemkot Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Rabu (27/4). Selain memeriahkan bulan suci Ramadan acara ini sekaligus melestarikan seni budaya musik tradisi.

Wali Kota Ika Puspitasari bersama Forkopimda Kota Mojokerto memberangkatkan peserta Lomba Musik Patrol Tradisional di panggung kehormatan depan Kantor Pemkot Mojokerto yang dimeriahkan 35 peserta pelajar dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA menyuguhkan harmonisasi alunan alat musik tradisional dengan beragam seni dan budaya.

Ning Ita sapaan akrab wali kota menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Mojokerto dan seluruh pihak mendukung terselenggaranya Lomba Musik Patrol Tradisional. Karena dengan digelarnya ajang kreativitas pelajar di bulan Ramadan ini mampu menjadi perwujudan salah satu misi Kota Mojokerto dalam mewujudkan ketahanan sosial dan budaya.

“Elemen musik tradisional mampu menciptakan harmonisasi yang menyatukan masyarakat lokal dan wisatawan untuk menikmati lomba patrol pada malam hari ini,” terangnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, patrol merupakan permainan musik yang unik karena memiliki ciri khas dibanding dengan musik populer yang lainnya. Selain menggunakan alat musik tradisional, secara tradisi patrol juga hanya dimainkan untuk membangunkan warga untuk sahur saat bulan suci.

“Patrol juga mampu menjadi media berdakwah saat Ramadan. Karena masyarakat menggunakan musik patrol dengan menyampaikan pesan-pesan keagamaan dan persatuan umat beragama,” ulasnnya.

Sehingga, pelaksanaan Lomba Musik Patrol Tradisional ini sangat relevan karena kota dengan tiga kecamatan ini memiliki keberagaman agama. Terlebih, Kota Mojokerto menjadi daerah satu-satunya di Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan Harmony Award tahun 2021 dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Karena itu, wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini akan menjadikan Lomba Mudik Patrol Tradisional menjadi salah satu event tahunan yang dapat dinikmati masyarakat di bulan Ramadan.(Tim/ADV)