Gandeng Influencer, Bupati Promosikan Identitas Baru Mojokerto, Full of Majapahit Greatness

Pemkab Mojokerto menggandeng para pegiat media sosial atau yang kerap disebut influencer untuk turut serta mempromosikan identitas baru Kabupaten Mojokerto, yakni Full of Majapahit Greatness.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengajak para Influencer Mojokerto Raya ini untuk mengangkat dan mempopulerkan potensi Kabupaten Mojokerto agar lebih dikenal oleh masyarakat dengan konten-konten kreatif yang dihadirkan.

Selain itu, Ikfina juga meminta kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan Pemkab Mojokerto bisa di publikasikan dan disebarluaskan kepada masyarakat. Diantaranya event bergengsi Majafest 2022 yang akan digelar agustus mendatang.

Kata Ikfina, event kreatif ini masih tetap mengangkat tema batik. “Saya menghargai karya batik, untuk itu saya meminta kepala OPD beserta pasangannya yang nanti mengikuti fashion show harus membeli batik asli Mojokerto, dari pengrajin Mojokerto. Dan batik khas mojokerto ini menjadi hasil karya Kabupaten Mojokerto,” ungkap Bupati Ikfina, saat Sharing Santai (Sharesan) yang digelar di wisata Bukit Kayoe Putih, Dawarblandong, Kamis (21/7) malam.

Ikfina menambahkan, dalam event tersebut juga akan menampilkan enam puluh hingga tujuh puluh desain batik asli dari hasil tangan orang Mojokerto, yang telah mengikuti lomba desain batik yang diadakan sebelumnya.

“Gambarannya nanti, seleksi dari lomba itu kita ingin mengangkat batik yang khas Majapahit. Dan kedepannya desain khas Majapahit tapi berbahan warna alam. Kita mengarah kesitu karena kita peduli lingkungan hidup,” terangnya.

Selain itu, Bupati juga berharap, para influencer Mojokerto Raya ini juga mempopulerkan identitas baru Kabupaten Mojokerto yakni Full of Majapahit Greatness yang artinya penuh dengan kemegahan Majapahit.

Harapannya, Kabupaten Mojokerto mempunyai identitas yang khas dan berbeda dengan daerah lain. “Kita pakai branding Mojokerto Full Majapahit Greatness, Karena Kabupaten Mojokerto diyakini pusat dari kerajaan Majapahit, dengan situs cagar budaya khas Majapahitan. Artinya, Greatness ini masih ada di Kabupaten mojokerto,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto Norman Handito mengatakan, event tahunan ini akan digelar di Kecamatan Trawas 23-27 Agustus mendatang. Panggung utama ditempatkan di Paseban Agung depan Hotel Arayana, pameran produk UMKM di lapangan Desa Trawas, sedangkan area parkir di jalan kembar puncak Trawas.

Rangkaian acara Majafest 2022 antara lain pameran produk UMKM, lomba makanan khas, rekor MURI seribu layah wader, serta lomba desain batik dan fashion show kepala OPD untuk memamerkan batik khas Kabupaten Mojokerto.

“Kami siapkan para perajin yang kteatif ini dan kita juga sediakan stan untuk ekonomi kreatif gratis buka disana,” pungkasnya.(tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :