Kota Mojokerto Segera Punya Monumen Setinggi 45 Meter

Pemkot Mojokerto tahun ini bakal mempercantik lagi wajah alun-alun dengan mengelontorkan anggaran mencapai Rp 13 Miliar lebih. Dengan rincian, pembangunan tugu setinggi 45 meter senilai Rp 2,8 miliar, Perbaikan Trotoar alun-alun sebesar RP 2.9 Miliar, dan pembangunan Skywalk Mojopahit sebesar Rp 7.9 Miliar.

Ketiga proyek ini sekarang mulai dikerjakan dan ditarget rampung di akhir tahun 2022, untuk mendukung program besar Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari, yakni mewujudkan Kota Mojokerto sebagai Kota Pariwisata berbasis Budaya dan Sejarah.

Bambang Mujiono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto mengatakan, saat ini proyek Rehabilitasi Taman Alun-alun Kota Mojokerto (Tugu dan Kolam) sudah mulai dikerjakan dan ditarget akhir tahun sudah selesai.

Sementara terkait apakah alun-alun Mojokerto akan ditutup total selama adanya tiga pekerjaan tersebut. Kata Bambang, wacana penutupan secara total tersebut masih belum diputuskan dan akan dirapatkan dengan berbagai pihak.

“Kalau pertimbangan keamanan memang sebaiknya ditutup total, tapi kota juga mempertimbangkan terkait ekonomi masyarakat. Kita akan rapatkan nanti,” ungkapnya.

Sekedar informasi, proyek pembangunan tugu alun-alun sempat mangkrak karena proyek tidak selesai dan ditinggalkan begitu saja oleh kontraktor pelaksananya.

Tahun 2022 ini, Pemkot Mojokerto sempat melelang proyek pembangunan tugu dan kolam senilai Rp 2,8 miliar. Namun sempat gagal lelang, hingga akhirnya lelang berikutnya berhasil menentukan pemenang, yakni CV. WISHITAMA Mulyorejo – Surabaya dengan nilai kontrak sebesar Rp. 2.799.869.000,00.(tim/sma)

Baca juga :