Saat Akhir Zaman, Tak Perlu Ibadah Banyak-banyak, Kata Mbah Moen Cukup Jangan Lakukan 1 Hal Ini

Semasa hidupnya, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen banyak memberi amalan yang berhubungan dengan rezeki.

Mbah Moen, guru dari Gus Baha ini menjelaskan saat akhir zaman yang mesti kita waspadai. Kita tidak perlu banyak-banyak beribadah mendekati hari kiamat.

Hikmah tersebut disampaikan oleh Gus Baha ketika mengenang nasihat dari sang guru.

Kata Gua Baha, di antara banyak wejangan almarhum Mbah Moen, hanya 1 hal ini yang dipegang erat oleh Gus Baha dalam kenangannya.

“Nasihatnya Mbah Moen yang paling saya ingat itu ini,” ujar Gus Baha di awal ceramahnya.

Bahkan banyak yang mengerjakan ibadah sunnah yang sebelumnya tidak mereka kerjakan. Banyak yang memanjatkan dzikir serta doa agar mendapat tempat yang tepat di akhirat.

Namun kata Gus Baha, sembari mengenang wejangan Mbah Moen, orang hanya tekun beribadah ketika terkena masalah Semisal hutang menumpuk. Namun dalam kondisi normal, kita bisa bertanya, apakah masih ada ibadah itu?

“Tapi kalau kondisi normal, apakah masih menjamin (terus beribadah)? Misal uangnya banyak dan yang menggoda banyak, bisa jatuh kamu,” imbuh Gus Baha.

Gus Baha berkata, Nasihat Mbah Moen, pada hari akhir kita tidak perlu banyak-banyak beribadah. Cukuplah fokus untuk menghindari maksiat.

“Zaman akhir tidak perlu banyak ibadah, yang penting tidak maksiat,” kata Mbah Moen yang disampaikan ulang oleh Gus Baha

“Tidur juga merasa senang, anggap saja sedang meninggalkan maksiat,” ujar Gus Baha.

Pada akhir zaman hindarilah celah berbuat dosa sekecil apapun itu, jagalah diri dari zina, korupsi, sihir, dan banyak lagi.(tim/say)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :