Ini 5 Tanda Ginjal Rusak yang Wajib Diwaspadai, Salah Satunya Bisa Dikenali dari Kulit

Gejala Kerusakan Ginjal

Fungsi Ginjal diantaranya adalah untuk menyaring limbah dari tubuh. Sehingga, ketika organ ini rusak karena cedera fisik atau kondisi seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, maka ginjal tidak dapat menyaring racun tubuh dan menyebabkan penumpukan racun.

Tanda-tanda kerusakan ginjal sering tidak disadari pada tahun-tahun awal. Kondisi ini yang kemudian menyebabkannya disebut sebagai ‘silent killer’.

Berikut beberapa tanda ginjal rusak yang perlu diwaspadai :
1. Bengkak di kaki dan pergelangan kaki

Ginjal membantu menyaring limbah dan kelebihan natrium dari tubuh. Sehingga, ketika ginjal tidak berfungsi secara efisien, maka tubuh mulai menahan natrium. Hal ini akhirnya menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki dan tulang kering atau disebut edema.

Sebagaimana dilansir Times of India, seseorang dengan masalah pada ginjal mungkin juga melihat pembengkakan di bagian lain dari tubuh seperti mata dan wajah, tetapi terutama mempengaruhi tangan, lengan, kaki, dan pergelangan kaki.

2. Kelelahan

Merasa lelah atau lemah sepanjang waktu umumnya merupakan tanda awal dari masalah hati atau liver. Saat gangguan ginjal menjadi parah, orang tersebut mulai merasa semakin lemah dan lelah. Bahkan melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga sederhana atau berjalan sedikit mungkin tampak membebani orang tersebut. Itu terjadi karena racun menumpuk dalam darah karena inefisiensi ginjal.

Berita lanjutan : Tanda Kerusakan Ginjal Juga Bisa Dilihat dari Kulit dan Urin

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :