Batuk Hingga Terasa Nyeri di Pinggang. Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Dalam beberapa hari terakhir banyak keluhan penyakit batuk yang berkepanjangan. Bahkan, batuk yang terjadi selama beberapa minggu, dan kalau batu pun nyerinya terasa hingga ke pinggang dan persendian lainnya.

Apalagi kalo batuk dan bersin, tubuh terasa sakit sekali, rasanya nyeri sekali dari badan bagian belakang sebelah kanan dari bahu sampai pinggang. Beberapa orang juga mengaku sudah minum obat batuk berbagai merek tapi belum juga reda.

Menanggapi banyaknya keluhan ini, dr Ulfi dari alodokter.com menjelaskan, keluhan seperti di atas kemungkinan disebabkan oleh kekakuan otot sekitar bahu sampai pinggang, atau secara umum kekakuan otot tulang belakanga.

Kekakuan ini akan menyebabkan nyeri tarikan atau kaku pada daerah otot yang tidak nyaman. Selain itu Keluhan ini dapat menyebabkan keterbatasan gerak tubuh kita saat beraktivitas atau membawa beban.

Pada saat kita menderita keluhan batuk atau bersin, tekanan yang disebabkan oleh batuk atau bersin akan menyebar kesemua arah pada tubuh kita, sehingga, bila otot kita mengalami keluhan kekakuan, maka saat batuk atau besin akan memicu keluhan nyeri muncul pada otot-otot tersebut.

Beberapa pemicu keluhan ini : 1. overuse otot tubuh kita, 2. kelelahan fisik, 3. Dehidrasi, 4. posisi duduk yang monoton, 5. kurang berolah raga, 6. gangguan pencernaan, 7. gangguan organ dada, 8. penekanan saraf tulang belakang, 9. bentuk tulang belakang yang tidak simetris, 10. Stress.

Bila keluhan yang dirasakan semakin mengganggu, baik saat menderita sakit batuk ataupun tidak, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau dokter ahli saraf. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi terhadap kondisi klinis pasien. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebab dan pemicunya.

Penting : Yang perlu dilakukan adalah :
1. mengidentifikasi pemicu keluhan nyeri tulang belakang
2. cukupi kebutuhan air putih
3. istirahat yang cukup
4. idealkan berat badan

Sumber : alodokter.com (Naskah Berita Asli)
(tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :