Ternyata Ini Alasan Tulisan Ambulance di Bagian Depan Mobil Ditulis Terbalik

Mungkin sebagian orang masih belum tahu alasannya, mengapa tulisan ambulance di bagian depan mobil ambulance ditulis terbalik. Ternyata, hal itu menyimpan berbagai alasan yang disesuaikan dengan aturan serta kebutuhan.

Sesuai dengan Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), di pasal Pasal 134 dijelaskan bahwa mobil Ambulans adalah kendaraan yang masuk sebagai kendaraan yang diprioritaskan. Selain kendaraan pemadam kebakaran, kendaraan yang mengiringi jenazah, dan kendaraan pimpinan lembaga Negara.

Maksud diprioritaskan adalah ambulance harus didahulukan untuk melintasi suatu jalan. Makanya, mobil ambulance dilengkapi dengan sirine. Juga ada tulisan besar kata AMBULANCE yang terbalik.

Nah, tulisan di mobil ambulance yang terbalik ini menggunakan metode mirror writing. Yakni, metode menulis huruf atau kalimat secara terbalik.

Pada zaman dahulu, Leonardo da Vinci lazim menggunakan metode ini untuk menulis catatan pribadinya. Mirror writing juga lazim ditemukan pada sejumlah karya kaligrafi di era kekaisaran Turki. Dan sekarang juga banyak dipakai untuk penulisan kode.

Kode yang ditulis dengan metode mirror writing ini nantinya bisa dibaca jelas lewat cermin. Begitu juga tulisan Ambulance yang terbalik akan bisa dibaca dengan jelas oleh pengendara di depannya melalui spion kendaraan.

Itulah sekilah penjelasan tentang tulisan terbalik di mobil ambulance, semoga bermanfaat.(tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :