Ini Buah-buahan yang Bisa Turunkan Asam Urat, Ternyata Banyak di Sekitar Kita

Buah Jeruk

Secara ilmiah, asam urat adalah metabolit atau produk limbah alami tubuh yang terbentuk setiap hari karena kerusakan sel yang konstan. Limbah ini terbentuk dari makan yang mengandung purin.

Asam urat menyerang semua persendian di tubuh, khususnya jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki dan lutut.

Menurut ahli gizi, kadar asam urat normal pada wanita adalah 2-6 mg/dL dan pria 3-7mg/dL. Namun, kadar asam urat ini bisa saja menjadi tinggi yang menunjukkan bahwa tubuh, terutama ginjal, tidak secara efisien membersihkan asam urat di dalam tubuh.

Jika tidak segera diobati, asam urat tinggi yang tidak segera diobat dapat menyebabkan batu ginjal. Sebab, asam urat yang tidak diobati dapat mengakibatkan batu ginjal dan menghambat kerja ginjal. Selain itu, ketidakmampuan ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat juga dapat berakibat fatal.

selain pengobatan, tentunya kita bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. Berikut buah-buahan yang bisa menurunkan asam urat :

1. Buah Pisang

Pisang juga baik dikonsumsi untuk penderita asam urat. Menurut sejumlah penelitian, buah manis dan legit satu ini mengandung sedikit purin dan kaya vitamin C. Hasil penelitian dari Departemen Pertanian AS menunjukkan bahwa satu buah pisang mengandung 14,1 mg vitamin C dan memenuhi sekitar 16 persen dari kebutuhan harian seseorang.
Kandungan vitamin C pada buah pisang ini bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat berulang.

Berita Lanjutan : Ini Buah Lainnya Bisa Turunkan Asam Urat, Ternyata Banyak di Sekitar Kita

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :