Rencanamu Adalah Kunci Suksesmu. Resensi Buku : From Dream to Habits

Oleh : Muhammad Satrio Damar Panuluh

Identitas Buku
Judul : From Dream to Habits ”Rencanakan Kuliah, Raih Mimpi”
Penulis : Hasanudin Abdurakhman
Tahun Terbit : 2019
Penerbit : KPG ( Kepustakaan Populer Gramedia )
Tebal Buku : 210 Halaman
Harga : Rp. 65.000,00

Buku ini menceritakan tentang langkah-langkah meraih mimpi dengan cara yang baik dan benar, karena banyak anak kuliahan yang tidak tahu bagaimana cara meraih mimpinya. Yang perlu dilakukan adalah kita bertekad keras untuk mewujudkannya dan ada step-step nya. Tak
peduli betapa beratnya bermimpi, yakin perjalanan untuk kesana.

Tidak ada mimpi yang terlalu
jauh untuk diwujudkan. Step by step yang harus dilakukan antara lain :

Pertama : Dream, menetapkan tujuan
Kedua : Vision, mencari tahu soal situasi tempat yang dituju serta jalan menuju ke sana. Lebih jelas lagi, mengetahui apa saja yang diperlukan untuk bisa sampai di tujuan
Ketiga : Plan, menyiapkan
rencana untuk menempuh jalan itu, termasuk rencana untuk mengumpulkan hal-hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
Keempat : Execution, menjalankan rencana
Kelima : Control, mengontrol untuk memastikan rencana mencapai setiap tahap. Memeriksa apakah setiap tindakan dalam rencana yang dijalankan membawa anda semakin dekat ke tujuan. Bila anda tidak menetapkan tujuan, itu sama dengan anda memanah tanpa membidik.

Kebanyakan orang tak bermimpi, yang saya saksikan adalah orang-orang yang tak banyak membuat kemajuan dalam hidupnya. Faktor luar biasa mempengaruhi, tapi tidak menentukan. Anda lah yang menentukan.

Orang sukses adalah orang yang siap mengubah banyak kesempatan menjadi titik balik di dalam hidupnya.

Kuncinya adalah bermimpi dan mau mengusahakannya untuk menjadi kenyataan. Tak ada yang mustahil artinya tak ada yang tidak bisa kalau kita usahakan.

Begitu anda merasakan terwujudnya mimpi, anda akan ketagihan untuk bermimpi lagi. Anda perlu mempertegas mimpi anda, karena itu nantinya akan terkait dengan persiapan yang harus anda buat untuk meraihnya.

Siapapun yang bermimpi harus mengumpulkan informasi tentang impianmu itu sendiri.

Kelebihan buku ini memliki bahasa yang digunakan mudah dipahami sehingga maknanya tersampaikan langsung ke pembaca, terdapat gambar-gambar, banyak kata-kata motivasi untuk menginspirasi para pembacanya, covernya atau sampul bukunya menarik dan pemilihan warna sampulnya juga bagus.

Sedangkan kekurangan buku ini judulnya menggunakan bahasa asing, sehingga pembaca yang tidak paham bahasa asing menerjemahkan terlebih dahulu.

Kesimpulannya, jika anda ingin mewujudkan mimpi anda harus membuat planning dan membuat langkah-langkah untuk mewujudkannya. Sebab tidak ada orang sukses yang tidak membuat palnning untuk kedepannya. Tetapkan mimpi anda, buat planning, lakukan, dan jadikan kebiasaan, maka sedikit demi sedikit anda mencapai mimpi anda dari kecil hingga yang tertinggi sampai puncak mimpi itu terwujud.(*)

Nama : Muhammad Satrio Damar Panuluh
Universitas Muhammadiyah Malang
Jurusan Teknik Industri

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :