Kunjungi Stand Kuliner di Mojotirto Festival, Ning Ita Dorong Produk UMKM Kota Mojokerto Go Internasional

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mendapat banyak  apresiasi dari berbagai pihak terkait peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Mojokerto yang rerus berkembang.

Dalam kegiatan Mojotirto Festival tahun 2023 yang digelar di area Jembatan Rejoto, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon. Ning Ita, sapaan akrab Walikota Mojokerto, mengunjungi beberapa stand UMKM dan mencicipi langsung serta makan bersama rujak cingur hasil olahan warga Kota Mojokerto. “Bisa dilihat konsinten kami dalam peningkatan kapasitas UMKM, sudah ada lebih dari 10.000,” kata Ning Ita, Selasa 20 Maret 2023.

Kata Ning Ita, melalui program inkubasi wirausaha digagas oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, Dan Perdagangan (DISKOPUKMPERINDAG) Kota Mojokerto , sudah 10 ribu lebih masyarakat yang ikut dan mendapatkan pelatihan, pendampingan serta permodalan usaha.

“Kami melakukan pelatihan, pendampingan, pemberian modal usaha sama pembentukan koperasi, jadi metode-nya adalah 4P yang kami lakukan selama ini. Dan Alhamdulillah,sudah menunjukan hasil, bisa dilihat banyaknya UMKM yang berkembang dan naik kelas,” ujarnya.

Masih kata Ning Ita, berbagai UMKM yang ada di Kota Mojokerto bahkan penjualanya sudah mencapai pasar Internasional. “Tidak hanya alas kaki, produk makanan sudah ada yang dipasarkan di pasar internasional,” katanya.

Seperti diketahui, event tahunan Mojotirto Festival merupakan acara yang digelar empat kali setiap tahunya ini. Nantinya, dilokasi ini bakal dimulai proyek strategis nasional untuk wisata bahari majapahit. “Di Mojotirto 2023 ini sebagai penanda dimulainya proyek fantastis, nanti ada jalan di tanggul yang bisa langsung tembus di tengah Kota,” tandasnya.(tim/ADV)