PMM UMM 30 : Edukasi Digital Marketing

Oleh : Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

(Rabu, 16/8) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Gelombang 4 Kelompok 30, Ayu Ridha Pratiwi (Akuntansi) yang diketuai Risma Zanuar Fitri, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis melaksanakan kegiatan edukasi tentang digital marketing kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Wonodadi, Kabupaten Mojokerto untuk meningkatkan penjualan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, baik secara individu maupun berkelompok. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian UUniversitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kelompok yang dibimbing oleh Firda Ayu Amalia, SE., Ak., M.SA ini melakukan kegiatan sharing terkait bagaimana memanfaatkan dan menggunakan sosial media sebagai sarana digital marketing yang tepat, memberikan informasi tentang cara kerja platform media sosial sebagai media promosi online yang menarik dan membantu UMKM untuk membuat logo dan nama produk sebagai identitas usaha yang dijalankan. UMKM binaan tersebut merupakan UMKM Budidaya Ikan Lele milik Gondo Mulyono.

Lalu kegiatan praktik langsung dimana salah satu anggota PMM yakni Yuni Dwi Febriyanti mengajarkan owner cara promosi produk. Media sosial menjadi wadah bagi para UMKM dalam berpromosi guna menarik konsumen atau pelanggan secara cepat. Kegiatan promosi ini dilakukan melalui media WhatsApp dan Instagram yang merupakan media komunikasi yang sering digunakan masyarakat hingga kini. Jangkauan digital marketing tentunya mencakup banyak orang khususnya keluarga, teman, hingga masyarakat luas. Sehingga produk ikan lele pastinya akan tersebar di berbagai wilayah terutama daerah Mojokerto dan sekitarnya.

Pada zaman sekarang dimana pertumbuhan teknologi berkembang sangat cepat sehingga membuat beberapa perubahan di lingkungan sekitar ikut berubah. Hal ini sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal agar dapat mendapatkan manfaat atau keuntungan dari pertumbuhan teknologi yang terjadi. seperti adanya digital marketing yang mampu membantu UMKM untuk dapat menjangkau konsumen sejauh manapun atau berbagai kalangan masyarakat.

Ada beberapa pembahasan terkait digital marketing yang disampaikan Ayu kepada owner Budidaya Ikan Lele. Pertama, menjelaskan kepada owner tentang tujuan serta manfaat dari digital marketing. Lalu menjelaskan tentang beberapa media digital yang dapat digunakan oleh owner untuk menunjang bisnisnya seperti melalui Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Facebook. Ketiga, menyampaikan bagaimana cara promosi yang benar melalui media digital marketing. Ayu juga tidak lupa memberikan saran kepada owner tentang penggunaan digital marketing yang cocok dengan tujuan UMKM milik Bapak Gondo Mulyono ini.

Setelah pembahasan mengenai digital marketing dengan owner, Yuni membantu mempraktikkan langsung bagaimana cara kerja yang dilakukan. Kesempatan ini memudahkan owner untuk memahami beberapa fitur baru ataupun hal baru yang dapat dilakukan dari media yang digunakan. Media yang digunakan sebagai praktik yakni Whatsapp dan Instagram.

Dari penjelasan di atas dan juga praktik langsung di lapang menjadi peluang UMKM dalam memperoleh hasil penjualan yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan jangkauan pasar yang semakin luas dapat mendatangkan beberapa konsumen baru. Selain itu, adanya digital marketing mempermudah konsumen mengetahui bahwa UMKM tersebut memiliki stok barang yang dapat dibeli.(*)

Risma Zanuar Fitri, Athaya Safa Nabila, Dea Ardelia, Ayu Ridha Pratiwi, dan Yuni Dwi Febriyanti
Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang
Program Studi Akuntansi

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :