Desa Ketapanrame, Trawas Mojokerto Mendapat Penghargaan Sebagai Desa Wisata Terbaik 2023

Desa Wisata Ketapanrame, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, mendapat penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik tahun 2023 dalam Program Anugerah Desa Wisata Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Desa di Kecamatan Trawas itu menjadi yang terbaik dari 75 desa dari seluruh Indonesia yang ada dalam daftar nominasi, termasuk tujuh di antaranya dari Jawa Timur.

Penghargaan Desa Wisata Terbaik disampaikan Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Minggu (27/8/2023) malam, di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Sesudah acara pemberian penghargaan, Zainul Arifin Kepala Desa Ketapanrame menyampaikan rasa syukur. Dia menyatakan, pencapaian tahun ini merupakan keberhasilan seluruh masyarakat Desa Ketapanrame.

“Alhamdulillah, sebelumnya kami merasa deg-degan karena dari 75 desa, sudah 74 yang mendapatkan penghargaan dari berbagai kategori. Tinggal Desa Ketapanrame yang belum disebutkan namanya. Awalnya saya pikir kami tidak akan mendapat juara. Tapi, Alhamdulillah kami bersyukur karena mendapat gelar Desa Terbaik,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, di Jakarta.

Lebih lanjut, Zainul bilang akan terus belajar dan berinovasi supaya lebih baik lagi ke depan dan memberikan banyak manfaat buat warga Desa Ketapanrame.

“Mudah-mudahan ini menjadi keberkahan buat masyarakat desa kami. Ini bukan hasil instan, karena perjuangan membangun Desa Ketapanrame menjadi seperti sekarang itu cukup lama prosesnya sampai tiga tahunan. Tahun 2021 kami masuk 300 besar desa wisata, tahun 2022 juga 300 besar, dan tahun ini jadi yang terbaik. Ini bukan keberhasilan kami selaku kepala desa, tapi keberhasilan seluruh masyarakat di Desa Ketapanrame,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur berharap, keberhasilan Desa Ketapanrame memotivasi 596 desa wisata lainnya di Jawa Timur.

“Desa di Jawa Timur tiga tahun berturut-turut mendapat predikat Desa Wisata Terbaik dari Kemenparekraf. Kami sudah menduga Desa Ketapanrame akan mendapatkan titel Desa Terbaik tahun ini. Dari beberapa kali peninjauan, terlihat manajemen di sana sudah tertata dengan baik. Waktu Pak Sandiaga berkunjung juga terpukau dan terharu dengan konsep-konsep yang dibangun seluruh elemen,” paparnya.

Seperti diketahui, Desa Wisata Ketapanrame memiliki tiga destinasi wisata andalan, yaitu Air Terjun Dlundung, Taman Ghanjaran, dan Wisata Sawah Sumber Gempong.

Lewat proses kurasi panjang, Desa Ketapanrame masuk nominasi 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 dan menyisihkan 4.573 desa wisata lain dari seluruh Tanah Air yang sudah mendaftar. (ssnet/ram)

 

Ini 5 SMA Terbaik di Mojokerto Versi UTBK, Cek Sekolahmu Peringkat Berapa...

Baca juga :