Gak PD, Insecure, Sering Ragu dan Cemas, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Istilah Insecure saat ini lagi banyak menjadi perbincangan, khususnya di kalangan remaja. Nah, apa sih sebenarnya Insecure itu ?

Insecure merupakan perasaan kurang percaya pada diri sendiri yang menyebabkan seseorang merasa tidak aman, cemas, dan ragu-ragu tentang kemampuan dan penilaiannya terhadap diri sendiri. Perasaan insecure dapat memengaruhi hubungan sosial dan psikologis seseorang dengan orang lain serta membuat seseorang selalu merasa perlu mendapatkan validasi dari orang lain.

Perasaan insecure dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti pengalaman masa lalu, trauma, kurangnya perhatian atau dukungan sosial, tekanan dari lingkungan, dan sebagainya.

Untuk mengatasi perasaan insecure, diperlukan usaha dan kesabaran untuk mengatasi dan mengubah cara berpikir dan merespon terhadap situasi tertentu. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti self-care, membaca tentang kesehatan mental dan meminta dukungan dari orang-orang terdekat.

Berikut ini adalah tiga tips untuk mengatasi perasaan tidak aman (insecure):

1. Tantang pikiran negative : Rasa tidak aman sering kali timbul akibat pandangan buruk terhadap diri sendiri dan keyakinan yang negatif. Mulailah dengan mengenali dan menantang pikiran-pikiran negatif ini. Tanyakan pada diri sendiri apakah ada bukti yang mendukung pikiran-pikiran tersebut dan apakah benar adanya. Gantikan pikiran-pikiran negatif tersebut dengan pikiran yang lebih positif dan realistis tentang diri Anda.

2. Bangun rasa percaya diri: Membangun rasa percaya diri sangat penting untuk mengatasi perasaan tidak aman. Fokus pada kekuatan, kemampuan, dan pencapaian yang Anda miliki. Tetapkan tujuan yang realistis dan kerjakan secara bertahap. Rayakan setiap kesuksesan, sekecil apapun. Lingkupi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung dan memberikan motivasi positif.

3. Lakukan self-care: Merawat diri secara fisik, mental, dan emosional dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantu Anda merasa lebih aman. Lakukan aktivitas yang Anda nikmati, rajin berolahraga, makan makanan seimbang, dan istirahat yang cukup. Latihlah sikap penuh kasih sayang pada diri sendiri dan perlakukan diri dengan baik. Lakukan kegiatan relaksasi dan pengurangan stres, seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, atau hobi yang membuat Anda merasa berarti.

Ingatlah bahwa mengatasi perasaan tidak aman membutuhkan waktu dan latihan. Bersabarlah dengan diri sendiri dan rayakan kemajuan yang Anda capai dalam proses ini. Jika perasaan tidak aman Anda tetap berlanjut atau sangat memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang terapis atau konselor yang dapat memberikan panduan dan dukungan tambahan.(tim/sma)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :