Bupati Mojokerto Teken MoU Program ASV Dari PT Ajinomoto, SinergI Bidang Sosial Hingga Ekonomi

BERBAGI MANFAAT : Bupati Mojokeeti Ikfina Fahmawati dan Direktur PT.Ajinomoto, Samsul Bakhri.(tim)

MOJOKERTO – PT.Ajinomoto Indonesia melalui program ASV (Ajinomoto Group Creating Shared Value) siap mendukung pembangunan dI wilayah Kabupaten Mojokerto. Khususnya di bidang sosial, ekonomi dan kesehatan.

Hal ini direalisasikan dengan adanya perjanjian MoU (Memorandum of Understanding) dengan pemkab Mojokerto yang ditandatangani langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Direktur PT.Ajinomoto, Samsul Bakhri di ruangan Satya Bina Karya Pemkab Mojokerto, pada Selasa (10/10/2023).

Bupati Ikfina mengatakan, selama ini sinergy dengan PT Ajinomoto sudah berjalan dengan baik. Diantaranya program peningkatan ekonomi melalui pelatihan dan bantuan alat (UMKM) yang dilakukan di Desa Mlirip, Kecamatan Jetis.

Tentunya, lanjut Bupati, dengan adanya MoU program ASV darI PT Ajinomoto ini Value dan manfaatnya akan lebih banyak dirasakan masyarakat, dan kerjasamanya bisa dilakukan di berbagai bidang.

Kata Bupati, nantinya Disperindag dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mojokerto akan menjadi Leader untuk realisasi
program ASV tersebut.

“Tentu kita akan bekerjasama untuk melakukan program-program yang punya kesesuaian, antara Pemda dan Ajinomoto itu sendiri,” ungkapnya.

Bupati juga mengatakan, selain bidang ekonomi, ASV juga akan disinergikan dengan program-program untuk mencukupi gizi anak sebagai salah satu upaya pencegahan gizi buruk maupun stunting.

Misalnya, adanya mobil demo masak sayur menggunakan produk-produk dari Ajinomoto keliling kampung. Sebab, kata Ikfina, selama ini tingkat konsumsi sayur masyarakat di Kabupaten Mojokerto sangat kurang. Minimal satu ons sayur tanpa kuah.

“Sehingga masyarakat semakin teredukasi, kebetulan kita lagi fokus pengendalian hipertensi dan peningkatan konsumsi sayur,” paparnya.

Sementara Direktur PT.Ajinomoto, Samsul Bakhri mengatakan, program ASV adalah bentuk kerjasama dengan Pemkab Mojokerto sebagai kontribusi nyata dari Corporate di Kabupaten Mojokerto.

Dukungan terhadap Pemda meliputi
solusi terkait isu sosial dan ekonomi seperti pendamping UMKM, pelatihan, bantuan alat, dan lainnya.

“Harapannya Corporate tidak hanya value terhadap nilai ekonomi bagi kemajuan perusahaan saja, tetapi juga sosial dan ekonomi di Kabupaten Mojokerto. Konsep ASV berkelanjutan berbeda dengan CSR yang jangka pendek,” cetusnya.

Samsul juga mengatakan, Ajinomoto juga mempunyai program terkait edukasi gizi yang dapat dikolaborasikan, karena menyasar masyarakat sebagai kontribusi Corporate.

Hal yang sama juga disampaikan Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA, Rina Sukaesih. Menurut Rina banyak program ASV yang bisa disinergikan. Misalnya, program edukasi bagi pelaku usaha makanan di sekolah agar bisa memberikan makanan yang sehat.

“Kita ada program edukasI penjual makanan di pesantren agar bisa menyediakan makanan yang sehat dan bergizi. Nanti bisa disinergikan dengan program Pemkab Mojokerto,” tambahnya.

Sekedar informasi, penandatanganan MoU program ASV dari PT Ajinomoto dengan Pemkab Mojokerto ini juga dihadiri beberapa kepala Dinas di lingkup Pemkab Mojokerto.(tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :