5 Tahun Mengabdi, Ning Ita Sukses Jadikan Kota Mojokerto Hebat, Kuat dan Melesat

Mojokerto – Jargon Kota Mojokerto Hebat, Kuat dan Melesat bukanlah hanya isapan jempol belaka, tapi, sudah menjadi bukti nyata hasil kerja iklhas Ika Puspitasari, Walikota Mojokerto yang sudah menjabat selama 5 tahun dan berakhir pada 10 Desember 2023 ini.

Berdasarkan catatan suaramojokerto.com, dalam 5 tahun kepemimpinan Ning Ita, sapaan akrab Walikota Mojokerto, tidak kurang dari dari 132 jenis penghargaan telah diraih. Baik penghargaan tingkat nasional, dari kementerian maupun swasta, serta penghargaan tingkat provinsi.

Seperti bidang inovasi daerah, Kota Mojokerto yang sebelumnya berada di rangking 327 se Indonesia, di era Ning Ita mampu mendapatkan meraih penghargaan dari Kementerian dalam Negeri sebagai Kota Terinovatif se Indonesia atau rangking 1 di tahun 2022.

Keberhasilan lain adalah di bidang ekonomi, selama lima tahun kepemimpinan Ika Puspitasari tercatat perekonomian tumbuh dan melesat. Diantaranya melalui program inkubasi wirausaha kepada 3.339 warga dan telah melahirkan 2,579 wirausaha baru dan menurunkan tingkat pengangguran terbuka.

“Pelatihan ini membuka kesempatan bagi para lulusan baru dan pencari kerja untuk menambah skill sehingga mempermudah mereka untuk mendapatkan pekerjaan,” ujar Walikota Mojokerto Ika Puspitasari.

Di bidang pembangunan, Ning Ita menggenjot pembangunan jalan, fasilitas umum, sarana olah raga, pasar-pasar dan pusat perdagangan serta taman bermain dan berbagai tempat wisata yang semuanya mengusung konsep Majapahitan.

Hal ini sesuai dengan Spirit of Mojopahit dan menuju Kota Mojokerto sebagai Kota Pariwisata berbasis Sejarah dan Budaya. Dan kini, Kota Mojokerto memiliki tempat wisata legendaris Pemandian Sekarsari dan Taman Bahari Majapahit yang merupakan proyek strategis nasional.

Di bidang kesehatan, Kota Mojokerto memiliki berbagai inovasi untuk masyarakat bahkan kota Mojokerto sudah menerapkan Universal Herlt Coverage (UHC), artinya 99,98 persen warga Kota Mojokerto sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan yang sebagian besar biayanya ditanggung oleh Pemkot Mojokerto. Ditambah lagi ada pelayanan Prameswari yang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat secara berkelanjutan door to door dan gratis. Juga, disediakan layanan kegawatdaruratan melalui Public Safety Center (PSC) di hotline 119 dan Call Center 112

Di bidang pendidikan, Wali Kota Mojokerto juga memiliki program unggulan berbagai fasilitas gratis. Seperti bantuan seragam gratis, tas gratis, sepatu gratis, alat tulis gratis hingga transportasi gratis untuk siswa SD dan SMP.

Sebagai tonggak pembangunan sarana dan meningkatkan layanan kepada masyarakat, Ning Ita juga telah membangun Mal Pelayanan Publik Gajah Mada yang didalamnya tersedia167 jenis pelayanan publik yang siap melayani masyarakat.

Ning Ita berharap, semua program pembangunan yang dilaksanakan akan bermanfaat bagi masyarakat dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Kota Mojokerto. “Saya mengungkapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung saya dalam membangun Kota Mojokerto, baik pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusia,” ungkapnya.

Ning Ita adalah sosok walikota yang sangat peduli terhadap kepentingan masyarakat dalam berbagai hal. Termasuk dalam menyerap aspirasi warga Kota Mojokerto. Ning Ita menyediakan kanal Curhat Ning Ita dan di media social dan telah meluncurkan aplikasinya. Bahkan aplikasi ini berhasil meraih Anugerah Program Inovasi Pembangunan Terpuji detikJatim Awards 2023 dalam kategori Digitalisasi Pemerintahan.(tim/ADV)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :