Capai Rp 1,1 Triliun, Serapan Anggaran Belanja Pemkot Mojokerto Tertinggi Dalam 5 Tahun Terakhir

Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro (tengah) didampingi Mendagri Tito Karnavian (kiri) / Foto : Pemkot Mojokerto

Mojokerto – Serapan anggaran belanja Pemerintah Kota Mojokerto, Jawa Timur, tahun 2023 mencapai 91,83 persen atau Rp1,1 triliun. Capaian serapan anggaran belanja tahun 2023 ini tercatat sebagai yang tertinggi dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya serapan anggaran belanja Kota Mojokerto kerap berada di besaran 77-88 persen.

“Alhamdulillah, serapan anggaran belanja Pemkot Mojokerto tembus 91,83 persen. Ini membuktikan kinerja seluruh elemen dalam melaksanakan program dan mewujudkan pembangunan Kota Mojokerto berjalan optimal,” kata Pj. Wali kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro dalam keterangan di Kota Mojokerto, Senin.

Tak hanya itu, kata dia, serapan anggaran belanja yang tinggi ini juga menunjukkan betapa impresif pemerintah daerah Kota Mojokerto dalam mengelola keuangan yang dimiliki dalam rangka merealisasikan program-program yang telah direncanakan.

Lebih lanjut dia mengatakan, tingginya realisasi belanja ini juga menunjukkan komitmen Pemkot Mojokerto dalam merealisasikan program yang telah ditargetkan di awal tahun. Terutama untuk menyasar program-program terkait enam pelayanan dasar yang wajib dalam urusan pemerintahan yakni mulai dari pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat, hingga sosial.

“Selain itu meningkatnya serapan anggaran ini juga mencerminkan adanya peningkatan kinerja di jajaran Pemkot Mojokerto. Tidak mungkin serapan naik, jika tidak kinerja lebih dari tahun sebelumnya. Ini sekali lagi meneguhkan komitmen ASN di lingkungan pemkot untuk senantiasa melayani masyarakat, khususnya warga Kota Mojokerto,” ucap Pj Wali kota yang juga menjabat sebagai Kadispora Jatim itu.

Capaian itu tak hanya ditunjukkan dari tingginya serapan anggaran belanja Pemkot Mojokerto Tahun 2023, tetapi juga terlihat dari realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mojokerto.

Sepanjang tahun anggaran 2023, realisasi PAD Kota Mojokerto telah mencapai 103 persen dan melebihi target. Berdasarkan data Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) capaian realisasi PAD Pemkot Mojokerto Tahun 2023 mencapai Rp243,6 miliar.

“Capaian realisasi PAD kita tahun 2023 sebesar Rp243,6 miliar. Angka ini lebih besar dari target Rp235 miliar. Alhamdulillah, capaian PAD kita tahun ini juga lebih tinggi dibanding PAD tahun lalu, yaitu Rp232,59 miliar,” tutur Mas Pj, sapaan akrabnya.

Berita Lanjutan : Ini Sumber PAD terbesar Kota Mojokerto dan Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)-nya….
….

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :