Resmi Beroperasi, Segini Tarif Minibus Rute Mojokerto – Batu Lewat Cangar

Angkutan umum Mojokerto-Batu Via Cangar kini telah resmi beroperasi. Launching trayek minibus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Non Ekonomi tersebut dilakukan di Terminal Tipe B Kertajaya Kota Mojokerto pada Rabu (24/1/2024).

Hadir dalam launching tersebut. Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Sekda Kabupaten Teguh Gunarko Mojokerto dan Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur serta Mochamad Agoes Machmoedi, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu.

Menurut Moh. Ali Kuncoro, Pj Wali Kota Mojokerto, adanya pengembangan pelayanan bus AKDP tersebut merupakan langkah strategis dan solutif, bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat dengan menggunakan pendekatan aglomerasi.

“Sekarang sudah bukan jaman nya masing-masing daerah harus berkompetisi, tapi berkolaborasi. Dengan adanya rute baru ini Mojokerto-Batu via Cangar kita berharap akan menjadi pengungkit ekonomi sehingga masyarakat Mojokerto maupun Batu akan berdampak,” tuturnya.

Hal ini sejalan dengan program Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur bagaimana seluruh daerah bisa terkoneksi, tidak boleh lagi ada daerah yang termarjinalkan.

“Tugas kami Pemerintah Kota/Kabupaten untuk membuat jejaringnya yang menghubungkan antar kecamatan, kelurahan maupun antar destinasi wisata. Kita harus paksa masyarakat untuk meninggalkan moda transportasi pribadi dan beralih ke moda transportasi masal yang aman, nyaman, murah, dan tepat waktu,” imbuhnya.

Sementara itu, Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menjelaskan, minibus AKDP trayek Mojokerto-Batu via Cangar ini di prakarsai oleh PT. Bagong Dekaka Makmur menggunakan kendaraan jenis Mitsubishi terbaru, dengan melewati rute Terminal Mojokerto, Pasar Dlanggu, Kutorejo, Bundaran Pacet, Cangar, Bumiaji, dan Terminal Batu.

“Panjang rutenya 57 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam, kemudian interval waktu antar kendaraan itu 1 jam, dengan 6 unit kendaraan, berangkat 3 unit pulang 3 unit dengan kapasitas masing-masing unit 12 orang,” terang Nyono.

Minibus AKDP trayek Mojokerto-Batu via Cangar ini akan beroperasi mulai pukul 5 pagi sampai dengan 4 sore dengan tarif promo sebesar Rp. 30.000 rupiah.

Terkait keamanan, Nyono memastikan telah dipilih driver yang handal untuk menjamin keamanan dan kenyamanan serta keselamatan penumpang. Selain itu, trayek baru tersebut juga telah dilakukan proses uji coba. (tim/say)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :