Puncak Peringatan HPSN 2024, Bupati Ajak Semua Elemen Bergerak Kurangi Sampah Plastik

Mojokerto – Puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 di Kabupaten Mojokerto digelar di Paseban Agung, Desa/Kecamatan Trawas, Rabu (06/03) dengan Tema Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif.

Dalam acara yang diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto tersebut juga dihadiri Bupati Mojokerto bersama para kepala OPD, camat se Kabupaten Mojokerto, Jajaran Forkopinca Trawas dan Pacet, sekolah Adiwiyata dan perwakilan perusahaan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto, Zaqqi, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan HPSN 2024 merupakan bagian dari upaya dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah.

“Dalam peringatan puncak HPSN tahun 2024 ini, mari kita jadikan momentum untuk memperkuat Pemkab Mojokerto dalam mendukung pemerintah pusat untuk program zero waste, zero emission 2025,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengajak semua elemen masyarakat untuk mengurangi sampah plastik di wilayah Kabupaten Mojokerto. Baik sumbangsing yang dilakukan melalui TPS 3R, Bank Sampah, Desa Berseri, Sekolah Adiwiyata maupun perusahaan.

Bupati Ikfina juga mengatakan, langkah kecil berupa kampanye “stop menyampah yang tidak perlu” harus digencarkan. Selain itu, upaya pengelolaan sampah dengan cara yang produktif juga disosialisasikan ke masyarakat.

“Ayo kelola sampah, karena memang tanggung jawab kita, Ayo kelola sampah, karena itu mensejahterakan kita,” ungkap Bupati ketika memberi motivasi dalam HPSN 2024.

Dalam acara tersebut, para camat yang hadir juga menyatakan siap untuk mendukung pengurangan sampah plastik di daerah masing-masing. “Kita siap mendukung pengurangan sampah plastik di tingkat kecamatan, termasuk kita juga mendorong bank sampah dan desa berseri terus berkembang,” kata Mujiono, Camat Trowulan yang juga hadir dalam HPSN 2024.

Para Camat yang Hadir pada Peringatan HPSN 2024 di Trawas

(tim/SMA)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :