Video Xenia Gagal Nanjak di Jalur Pacet – Cangar, Ini Saran dari Pelatih Pengemudi

MOJOKERTO – Mobil yang gagal nanjak di tanjakan curam, memang sangat berbahaya. Karena mobil bisa meluncur ke bawah dan masuk jurang, atau mobil bisa meluncur dan menabrak mobil di belakangnya. Sangat berbahaya

Sebuah video yang memperlihatkan mojila Daihatsu Xenia gagal nanjak diunggah oleh akun Instagram @youtubechanneljalanan, Sabtu (23/3/2024).

Dalam unggahan tersebut terlihat sebuah mobil Daihatsu Xenia warna putih tiba-tiba berhenti di tanjakan Sendi Pacet. Masyarakat pun langsung membantu dengan memberi penahan roda.

Lantas, semua penumpang turun dan mobil pun di dorong rame-rame namun tetap gagal nanjak dan gagal lagi.

Menyikapi kejadian mobil Daihatsu Xenia gagal nanjak tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ketika melewati tanjakan, pengemudi harus memperhitungkan sudut dan panjang tanjakan.

Selain itu, pengemudi juga harus berfikir antisipasi ketika mobil gagal nanjak. Misalnya, apakah ada ruang di sisi kiri atau adakah jalur penyelamat.

Yang lebih penting lagi, pengemudi harus mengenali kemampuan mobilnya. Misal, mobil dengan 1.500 cc pasti bisa kalau tidak ada beban muatan berlebih. Kalau transmisi manual pasti tidak masalah, tapi kalau matik harus disiasati dengan cara manual.

“Kendarai lebih agresif. Kemudian masukan gigi rendah atau gear tiptronic. Dengan begitu, penggantian gir ke tinggi diatur oleh pengemudi. Sehingga, RPM atas bisa terjaga tidak turun. Tapi pastikan juga CVT tidak dalam kondisi panas,” kata Sony, seperti dikutip dari Kompas.com

Sony juga mengatakan, pengemudi harus yakin terlebih dahulu, punya perhitungan yang matang dan kalau tanjakan sudah kosong, bisa melakukan dengan ancang-ancang atau momentum sebelum menanjak.

Saat menanjak, pertahankan putaran mesin di 3.500 rpm, hingga 4.000 rpm dengan gigi rendah. “Kunci keberhasilan adalah akurasi perpaduan keterampilan dan teknik yang digunakan. Ingat juga, jangan santai atau meremehkan,” kata Sony.

Sony menyarankan, untuk mobil dengan mesin berkapasitas 1.000 cc atau 1.200 cc juga bisa saja menanjak selama teknik yang digunakan benar.

UNGGAHAN : Video Xenia gagal Nanjak di Jalur Sendi, Pacet, Mojokerto. Klik disini
(Tim/SMA)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :