Dinas P dan K Kota Mojokerto Dorong Semua Sekolah Ciptakan Inovasi

Sekdakot Gaguk Tri Prasetyo (kiri) bersama Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto

MOJOKERTO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Mojokerto meminta semua sekolah (SD – SMP) Negeri dan swasta menciptakan progran inovasi terkini yang bermanfaat untuk peningkatan layanan lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan untuk mendukung Pemerintahan Kota (Pemkot) Mojokerto dalam mempertahankan presdikat sebagai kota terinovatif se-Indonesia.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Mojokerto, Ruby Hartoyo, M.Si mengatakan, di tahun 2024 ini Pemkot Mojokerto menggelar lomba Mojo Indah atau Mojokerto Inovasi Daerah kategori OPD dan Masyarakat. Semua sekolah diharapkan ikut dalam kompetisi tersebut.

“Karena even Mojo Indah yang digelar Pemkot Mojokerto terakhir bulan Juni, maka semua kepala sekolah baik SD-SMP se-kota Mojokerto sudah kami perintahkan untuk ikut berkompetisi, mereka semua juga kita minta presentasi di Kantor Dikbud,” ungkapnya Selasa (23/4/2024)

Ruby Hartoyo juga mengatakan, jika ada sekolah yang mengalami kesulitan, pihaknya menyarankan agar sekolah tersebut melakukan stuty tiru di sekolah yang sudah memiliki aplikasi inovatif dan sudah diakui secara nasional.

“Seperti Inovasi Adi Pintar (Asesmen Diagnostik dan Penilaian Terpadu Hasil Belajar) yang di gagas digagas SMPN 5 Kota Mojokerto. Tak hanya berhasil meraih Juara I Lomba Mojokerto Inovasi Daerah (Mojo Indah) Tahun 2023, inovasi tersebut juga masuk sebagai salah satu nominasi pada ajang tingkat nasional Innovative Government Award (IGA) 2023” jelasnya.

Selain itu, juga banyak inovasi-inovasi lainnya yang juga dilahirkan dari lembaga sekolah. Seperti SMPN 1 dengan Sistem Aplikasi Kotak Masukan dan Aduan (SIAP KOMANDAN SPENSA), SMPN 2 yang menggagas Sulap Sampah dengan Lubang Ajaib (SUMPAH BANG JAI), maupun Sistem Pengumpulan Sampah SMPN 3 Mojokerto Peduli Lingkungan (SMPN 3 SUMPAH 3 MPU).

Begitu juga dengan Gerakan Literasi SMPN 4 (GILISPENPAT); SMPN 6 dengan program Sampah Botol Ditukar Satu Alat Tulis Sekolah (SAMBO DIKARTU AS); Digital Library Masyarakat Sentanan (DIGILIB RAKETAN) di SMPN 7; SMPN 8 dengan Siswa Pelopor Wirausaha (SI PERWIRA), serta inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Budaya, Karakter dan Prestasi (IBU TERKASI) di SMPN 9.(tim/sma)