Seru dan Bermanfaat, Ini Catatan Pengalaman Magang di KPS2K

Oleh : Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Di era globalisasi ini, pengalaman magang menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki Oleh semua mahasiswa. Magang tidak hanya memberi pengalaman kerja nyata, akan tetatpi juga menjadi wadah bagi mahasiswa Untuk mengembangkan ketrampilan dan jejaring profesional.

Salah satu tempat magang Yang memeberikan pengalaman berharga adalah Komunitas Perempuaan Untuk Perubahan Sosial Dan Keadilan ( KPS2K). Oraganisasi Ini fokus pada isu-isu sosial dan kekerasan terhadap perempuaan dan anak.

Bagi mahasiswa yang magang di KPS2K, akan mendapatkan banyak pengalaman dan manfaat. Karena, mahasiswa akan belajar berbagai ketrampilan profesional yang dapat digunakan dalam karir mereka di masa depan. Meliputi Menejemen Proyek, Komunikasi, Penelitiaan dan Analisis Data. Selain itu, mahasiswa juga belajar tentang advokasi dan cara efektif untuk mempengaruhi kebijakan publik.

Ketrampilan ini tIdak hanya bermanfaat dalam pekerjaan di sektor profit dan non-profit, akan tetapi juga dalam berbagai-bidang lainnya.

Magang di KPS2K juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami diri mereka sendiri,melalui tugas-tugas yang diberikan dan tantangan yang dihadapi selama magang, sehingga mereka dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka serta belajar bagaimana menghadapinya.

Magang di KPS2K juga memeberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja dengan berbagai kelompok masyarakat yang rentan dan kurang beruntung. Pengalaman Ini akan meningkatkan kesadaran sosial dan empati mereka terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh komunitas tersebut. Dengan demikiaan mahasiswa tidak hanya belajar tentang isu-isu Slsosial dari buku teks, akan tetapi juga memhami dampaknya secara langsung melalui interaksi dengan individu dan komunitas yang terlibat.

Selama magang di KPS2K, mahasiswa akan bertemu dengan berbagai profesional yang bekerja di bidang sosial dan kemanusiaan, Melalui jaringan ini, mahasiswa dapat memeperoleh saran bimbingan dan peluang kerja di masa depan.

Selain pengalaman praktis, magang di KPS2K juga memberikan kesempatan untuk mngembangkan soft skiil, seperti komunikasi kepemimpinan dan kerja tim. KPS2K juga memberikan ruang bagi para peserta untuk refleksi diri. Mereka diajak untuk melihat kembali tujuan hidup dan nilai-nilai yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Pengalaman ini seringkali menjadi titik balik yang menginspirasi para mahasiswa magang untuk terus bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan.

Transformasi diri melalui magang di KPS2K bukanlah sekadar mendapatkan pengalaman kerja, tetapi juga tentang pembelajaran yang mendalam, pengembangan karakter,
dan penanaman nilai-nilai positif. Bagi mereka yang berkesempatan magang di KPS2K, pengalaman ini menjadi bekal berharga dalam perjalanan hidup mereka, baik secara profesional maupun pribadi.

KPS2K bukan hanya tempat untuk belajar, tetapi juga tempat untuk bertumbuh dan berubah menjadi individu yang lebih baik dan berdedikasi dalam menciptakan perubahan sosial yang positif.
Salah satu aspek paling memuaskan dari magang di KPS2K adalah mempunyai kesempatan untuk berkontribusi pada perubahan sosial.mahsiswa dapat merasa bangga karena telah berperan dalam program-program yang memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar pengalaman ini memberi rasa kepuasan pribadi yang mendalam guna meningkatkan motivasi untuk terus bekerja dalam bidang Sosial.

Magang di LSM KPS2K juga menawarkan berbagai manfaat bagi mahasiswa, Selain memberikan pengalaman kerja nyata magang ini juga membantu mahasiswa mengembangkan Ketrampilan profesional guna meningkatkan kesadaran sosial dan empati serta membangun jejaring yang luas. Maka dari itu magang di LSM KPS2K memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan kontribusi pada perubahan social yang positif. Jadi bagi mahasiswa yang tertarik pada isu-isu social dan ingin membuat perebedaan Maka magang Di KPS2K merupakan pilihan yang tepat.(Tim/*)

Penulis : Aditya Dwi Laksono
Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Fakultas ilmu Sosial dan ilmu politik prodi Ilmu Komunikasi

Ini 5 SMA Terbaik di Mojokerto Versi UTBK, Cek Sekolahmu Peringkat Berapa...

Baca juga :