Tolak Premanisme, Kampus UBS PPNI Mojokerto Gelar Kuliah Pakar Bersama Kontras dan BNPT

Mojokerto – Aksi premanisme kerap menimpa para mahasiswa yang menjadi korbannya. Hal inilah yang juga menjadi perhatian Universitas Bina Sehat (UBS) PPNI Mojokerto dengan menggelar kuliah pakar bertajuk Premanisme Sebagai Kejahatan Sosial dan Musuh Nrsama Masyarakat.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Graha Bina Sehat, pada Kamis (27/6/2024) dengan menghadirkan Brigjen. Pol. R. Ahmad Nurwakhid, SE, MM, Direktur Deradikalisasi BNPT RI dan Andy Irfan Junaedi, S.H (Sekjen Kontras) Indonesia sebagai narasumber.

Rektor UBS PPNI Mojokerto, Dr. Windu Santoso, M.Kep, mengatakan, pemberian materi terkait premanisme ini sangat penting bagi masyarakat kampus. Sebab, tidak hanya merusak fisik namun juga menghancurkan keamanan.

“Sebagai rektor saya merasa penting karena kampus harus menanamkan nilai keadilan dan kebenaran. Dalam konteks akademis harus diakui bahwa premanisme tidak hanya berdampak pada kampus tapi juga pada mahasiswa,” tegasnya.

Windu juga mengajak seluruh elemen kampus UBS PPNi untuk bersama-sama menentang aksi premanisme. Dan bersatu menjadikan lingkungan kampus yang aman dan lebih tegas menentang premanisme.

“Kita punya kesempatan untuk membangun lebih dalam tentang wawasan premanisme. Mari kita jadikan dan lawan premanisme dan menolak budaya kekerasan,” pungkasnya.

Sementara, pada kesempatan tersebut, Ahmad Nurwakhid menyampaikan bahwa premanisme telah menjadi masalah sosial yang meresahkan di Indonesia selama beberapa dekade.

“Premanisme yaitu perilaku yang bertentangan dengan hukum dan norma-norma sosial serta memaksa orang lain untuk mematuhi kehendak mereka atas dasar kekerasan atau intimidasi,” jelasnya.

Ia menyebut, ada beberapa penyebab mengapa organisasi preman bisa berkembang di Indonesia. Diantaranya, karena faktor kemiskinan, kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak, dan tidak efektifnya sistem keadilan di Indonesia.

“Selain itu, Budaya kekerasan juga berdampak besar pada berkembangnya premanisme di Indonesia,” tukasnya.(tim/SMA)

Ini 5 SMA Terbaik di Mojokerto Versi UTBK, Cek Sekolahmu Peringkat Berapa...

Baca juga :