Ada MKP Sehat dan MKP Brantas di Mojokerto

Jalan MKP ada di kawasan Wisata

Ntah sebuah kebetulan, atau dipas-paskan dengan nama Mustofa Kamal Pasa (MKP) Bupati Mojokerto yang dikenal dengan sebutan Bupati MKP, MKP, MKP.

Nama MKP bertengger dimana-mana, sebut saja Jalan MKP di Pacet, Mojokerto Kawasan Pariwisata – MKP Brantas yang ada dipinggir kali Brantas, kini MKP dimunculkan dengan sinonim Mojokerto Kabupaten Peduli Sehat atau MKP Sehat.

Forum Kabupaten Mojokerto Peduli Sehat (Forum MKP Sehat) mempunyai program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat, program inilah yang diapresiasi Tim Verifikssi Kota Sehat.

Widya Utami, Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Pusat mengatakan, sistem sanitasi yang baik tidak hanya untuk masyarakat di perdesaan atau perkotaan, tapi juga di lingkungan pondok pesantren.

“Yang lebih penting, respon positif dari warga terhadap ide sanitasi lingkungan berbasis masyarakat inilah yang harus dibangkitkan untuk mendukung kesehatan.” ungkapnya.

Baca Juga :  Awas..Nikah Muda beresiko kena Kanker Serviks

Sementara Hariyono, Kepala Bappeda sekaligus Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat mengatakan, saat ini dukungan anggaran untuk kesehatan di Kabupaten Mojokerto berkisar antara 10 sampai 13 persen.
“Anggaran di bidang kesehatan sudah sesuai UU Nomor 36 Tahun 2009, yaitu minimal 10 persen dari total APBD,” katanya.

Hariyono juga mengatakan, Kabupaten Mojokerto siap menyongsong tatanan berikutnya yaitu Kawasan Pariwisata Sehat dan Tatanan Kehidupan Sosial yang Sehat.

“Dua tatanan ini mulai diaplikasikan dalam pembangunan obyek-obyek wisata yang berbasis dua aspek itu, juga mengawali penyusunan peraturan daerah.” Terangnya.

Kabupaten Mojokerto juga tengah berupaya mewujudkan dan menjadikan Kabupaten Mojokerto sebagai Kabupaten Sehat Tingkat Nasional.(sma)