Banjir Bandang di Mojokerto Genangi RS Sumberglagah Milik Pemprov Jatim

Evakuasi Reruntuhan dan Batu Besar, BPBD Tunggu Alat Berat

Bencana banjir bandang yang terjadi di Mojokerto, Jumat malam (18/01) berdampak luas di sejumlah lokasi di kawasan Ngoro dan Pacet. Selain beberapa rumah di Ngoro hanyut, dua motor, satu truk terendam dan kandang bersama kambingnya terbawa arus. Banjir juga dikabarkan membuat RS Sumberglagah milik Pemprov Jatim terendam setinggi lutut orang dewasa.

M Zaini, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, banjir bandang ini terjadi akibat adanya longsor di Gunung Penanggungan. Air bah terjun bersama bebatuan besar dan menerjang beberapa wilayah. “Ada tiga rumah yang rusak dan motor serta hewan ternak terbawa arus,” ungkapnya.

Zaini juga mengatakan, banjir juga menerjang Rumah Sakit Kusta Sumberglagah mikik Pemprov Jatim yang berada di Desa Sumberglagah, Pacet. “Ada empat titik banjir bandang dan longsor yang terjadi jum’at petang tadi, termasuk yang berdampak pada RS Sumberglagah, juga akses jalan Pacet-Trawas tertutup,” tambahnya.

Sementara dalam rekaman video yang beredar dan diberi caption Rs Sumberglagah, terlihat RS itu terendam setinggi lutut orang dewasa. Air bah berwarna cokelat menerjang deras beberapa ruangan rumah sakit.

Zaini juga mengatakan, BPBD bersama Tim SAR dan Tim Gabungan TNI/Polri dan relawan masih melalukan evakuasi dan sudah koordinasi dengan Dinas PUPR untuk mendatangkan alat berat.

Baca Juga :  Kali Gunting Meluap, 6 Desa di Jombang Banjir

Data BPBD menyebutkan, ada 4 titik mengalami longsor, dua titik di Desa Wotanmas Jedong, Kecamatan Ngoro yang membuat dua teras rumah warga rusak parah. Bahkan dua motor warga dan ternak hanyut. Dan membuat akses menuju kawasan Ngoro Industri Persada (NIP) lumpuh karena tertutup batu besar dan tanah longsor.

Longsor juga terjadi di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas dan menutup akses yang menghubungkan kecamatan Trawas dan Pacet. Sementara banjir bandang juga terjadi di wilayah wilayah Desa Kertosari, Kutorejo. Akibatnya satu rumah hanyut.(sma/udi)

Baca juga :