Inilho 5 Bahaya Sering Nyalakan Kipas Angin Saat Tidur

Info Sehat

[sc name=”spesial-top”]
Suhu udara yang panas atau kamar yang kurang ventilasi membuat kita sering menyalakan kipas angin, baik siang hari atau malam hari, bahkan sepanjang hari. Apalagi saat kita tidur, terkadang sepanjang malam kipas angin bakal menyala.

Namun tahukah kita bahwa penggunaan kipas angin yang terlalu lama saat tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Berikut ini lima hal dampak negatif kipas angin terhadap kesehatan tubuh berdasarkan keterangan ahli kesehatan.

1. Menyebabkan Kelumpuhan Wajah
Penyakit ini sering dikenal dengan nama Bell Palsy merupakan penyakit yang disebabkan oleh kondisi syaraf yang tegang akibat penggunaan kipas angin dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya wajah menjadi dingin dan terjadi pembengkakan di bagian tertentu dan sulit tersenyum maupun tertawa.
[sc name=”spesial-mid”]

2. Dehidrasi (Kekurangan Cairan)
Sifar air aalah zat yang menguap, sehingga tubuh yang terkena kipas angin tanpa sadar cairan tubuhnya akan menguap. Akibatnya, tubuh akan mudah lelah dan memicu banyak penyakit mematikan. Seperti hipertensi (darah tinggi), kolesterol, hingga penyakit ginjal.

3. Infeksi Saluran Pernafasan (Asma)
Saat menggunakan kipas angin di ruangan tertutup, udara yang sama akan dihembuskan dan tidak ada proses penyaringan. Akibatnya, bakteri dan virus akan berputar diruangan dan beresiko terhirup oleh hidung semakin tinggi. Hal ini bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan seperti asma. Jika tetap dibiarkan, dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan asma kronis dan sulit disembuhkan.

4. Kulit Kering
Terlalu lama mengunakan kipas angin bisa menyebabkan masalah kulit yang serius. Karena dehidrasi yang ditimbulkan bisa mbuat kulit kering dan bersisik.

5. Meningkatkan Risiko Kematian
Kemungkinan yang paling buruk akibat penggunaan kipas angin saat tidur yang terlalu lama adalah kematian, apalagi dalam kondisi ruangan tertutup.

Karena sirkulasi udara yang terbatas, oksigen akan semakin menipis dan lama kelamaan akan habis. Hal ini menyebabkan tubuh terpaksa menghirup karbon dioksida, gas hasil pernafasan kita sendiri. Dampak buruk dari menghirup karbon dioksida adalah kematian. Semoga artikel ini bermanfaat.(sma/udi)
[sc name=”spesial-bottom”]

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :