Pemkab Mojokerto Bakal Buka Kembali Rekrutmen CPNS

Foto : Ilustrasi CPNS

Pemkab Mojokerto berencana membuka kembali rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada akhir tahun 2020 nanti, untuk memenuhi kebutuhan pengangkatan tahun 2021.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, rencana rekrutmen CPNS tersebut menyusul adanya Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian yang memberikan sinyal kepada semua daerah, agar segera menyiapkan penerimaan CPNS lagi di akhir tahun 2020 nanti. Hal itu sekaligus  mengejar 10 ribu pegawai sebagai kebutuhan ideal dalam roda pemerintahan.

Tapi upaya itu belum seratus persen terealisasi. Karena Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mojokerto, ternyata belum menganggarkan prosesi rekrutmen dalam APBD 2020.

Susantoso, Kepala BKPP Kabupaten Mojokerto mengatakan, BKPP akan berjuang untuk menganggarkan kembali proses seleksi di momentum pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) di pertengahan tahun nanti. ’’Nanti kan bisa diajukan di PAK. Yang jelas, tujuannya untuk membangun pemerintahan dengan SDM (sumber daya manusia) yang unggul,’’ ujarnya.

Menurutnya, dalam proses persiapan jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) beberapa hari lalu, BKN melalui Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian memberikan sinyal kepada semua daerah agar segera menyiapkan penerimaan lagi di akhir tahun nanti.

Termasuk penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) yang akan berlangsung pertengahan tahun.

Artinya, masih ada kesempatan bagi pemkab untuk kembali belanja pegawai dalam memenuhi kekurangan sekitar 2 ribu pegawai untuk tahun depan. Sehingga pemenuhan itu akan diperjuangkan BKPP lewat penganggaran rekrutmen saat pembahasan PAK.

’’BKN baru memberikan informasinya tadi (kemarin, Red). Informasinya akan dibuka di akhir tahun atau seperti di rekrutmen 2019 kemarin,’’ tandasnya.

Sekedar informasi, dalam rekrutmen tahun 2019, Pemkab Mojokerto membuka 400 lowongan yang terbagi menjadi beberapa formasi. Mulai tenaga pendidik, tenaga kesehatan, tenaga teknik, hingga tenaga fungsional. Hingga saat ini ujian SKD juga tengah berlangsung di gedung GMSC Kota Mojokerto. (sma/adm)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :