Warga Mojokerto Tangkap Ular Sanca Sepanjang 4 Mater Saat Ambil Air Minum di Sungai

Ular sepanjang empat meter mengegerkan warga di Dusun/Desa Mojorejo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, ular berjenis sanca kembang ini ditemukan seorang petani bernama Drawi (46) pada Kamis (03/04/2020) sekitar pukul 20.00 WIB, saat menuju sawah untuk mengambil air minum di sungai kecil untuk hewan peliharaannya.

Karena takut, dia pun memanggil warga lainnya yang mempunyai keberanian untuk menangkap ular tersebut.

Akhirnya, Buhari (45) yang rumahnya berjarak sekitar 200 meter dari lokasi ular terlihat datang ke lokasi dan menangkap ular tersebut menggunakan karung.

Penemu ular, Buhari (45) mengatakan, jika ular itu ditangkap sendiri menggunakan karung dengan cara yang ia miliki.

“Ularnya saya tangkap didalam air kali. Saya taruh karung di tengah-tengah aliran air, tak lama kemudian ularnya langsung masuk begitu saja. Kemungkinan dia posisi kenyang, jadi gak susah nangkapnya,” ungkapnya, Sabtu (4/4/2020).

Kata Buhari, untuk menangkap ular itu diperlukan strategi dan taktik, dan tidak boleh ramai-ramai serta tidak boleh kasar. Sehingga ular bisa jinak, karena ular cenderung mencari tempat untuk berteduh. Jadi ketika melihat karung terbuka langsung masuk.

“Ya saya sih pinginnya kalau ada yang mau ular ini silahkan saja, kalau mau beli juga tidak apa-apa. Yang penting ada lah buat saya yang nangkap, namanya juga resiko. Tadi malam disini ramai. Banyak warga yang nonton,” ujarnya.

Sementara itu, Kusaerin (50), Kepala Dusun Mojorejo mengatakan, ular jenis sanca kembang yang ditemukan warga memiliki panjang sekitar 4 meter lebih.

“Ceritanya warga mau ke sawah, lalu lihat ular dikali kecil, terus manggil pak Buhari ini. Soalnya yang berani nangkap ular. Ukurannya ular Sanca kembangnya kira-kira empat meteran,” ucapnya.

Sejak menemukan ular tersebut, hingga saat ini dirinya sudah mencoba berkoordinasi dengan lurah setempat. Namun pihak desa tidak berani memelihara ular tersebut di Taman Desa Bukit Bunga Mojorejo (BBM). Sehingga diputuskan sementara waktu untuk disimpan di rumah Buhari.

Ular tangkapannya itu membuat puluhan warga penasaran dan ingin melihat dari dekat. Bahkan sebagian warga tak segan-segan memainkan binatang melata itu. Karena ukurannya yang cukup panjang, setidaknya diperlukan tiga orang untuk bisa mengangkat satu ekor ular tersebut. (sma/adm)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :