HDI 2018, Pemkot Mojokerto Suguhkan Fashion Show dan Atensi 300 Disabilitas

Komitmen Pemkot Mojokerto untuk membuat program dan kebijakan yang berpihak kepada kelompok disabilitas patut diacungi jempol. Karena tidak hanya berupa bantuan sosial yang digulirkan, namun juga dengan konsep pembagunan fasilitas publik dan layanan fasilitas umum yang ramah disabilitas, sesuai dengan tema HDI 2018, yakni “Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas”.

Sekdakot Mojokerto, Harlistyati mengatakan, kebijakan dan program pemda yaitu memberikan atensi kepada kelompok disabilitas dalam pembangunan Fasum dan layanan publik. “Semua intansi wajib menyediakan fasilitas pelayanan bagi mereka,” ujarnya, saat ditemui usai resepsi peringatan Hari Disabilitas Internaaional yang digelar Dinsos Kota Mojokerto, Senin (3/11).

Menurut Harlistyati, Pemkot Mojokerto melalui Dinas sosial akan terus berupaya memfasilitasi semua kepentingan penyandang disabilitas guna ikut membangun Kota Mojokerto. ”Kita ingin mewujudkan partisipasi semua pihak, mereka juga punya hak setara dengan masyarakat lainnya. Seperti mendapatkan pelayanan dan hak untuk bekerja,” tambahnya.

Sementara itu, Sri Mudjiwati, Kepala Dinsos Kota Mojokerto mengatakan, peringatan HDI ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang disabilitas untuk bersaing di era digital sekarang ini. ”Penyandang disabilitas baik sebagai penerima manfaat maupun agen perubahan, dapat mempercepat proses menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan serta mempromosikan masyarakat yang tangguh untuk semua,” ujarnya.

Para penyandang Disabilitas Beraksi dalam Fashion Show

Sri Mujiwati juga mengatakan, di Kota Mojokerto ada 300 orang penyandang disabilitas yang terus diberi perhatian dan pelatihan-pelatihan khusus guna menyiapkan potensi diri bersaing dan turut membangun perekonomian masyarakat.
Ketua DPRD Kota Mojokerto, Febriyana Meyldawati berharap, kedepan kelompok disabilitas jangan hanya menjadi obyek semata dalam pembangunan. kelompok ini idealnya harus ikut dilibatkan menjadi subyek dalam penentu arah pembangunan.

Acara Resepsi Hari Disabilitas Internasional, digelar Dinsos Kota Mojokerto di Aula Hotel Raden Wijaya, Kota Mojokerto. Acara ini dihadiri Forkopimda Kota Mojokerto, Ketua DPRD Kota Mojokerto, PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) Kota Mojokerto dan penyandang disabilitas se-Kota Mojokerto. Kegiatan ini juga diramaikan aksi para penyandang disabilitas, baik fashion show, menari dan kegiatan seni lainya, serta pemberian bantuan kursi roda.(sma/ADV)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :