Tiga Jam Diguyur Hujan, 3 Rumah di Mojokerto Banjir Lumpur

Dampak Lereng tergerus Air Hujan

Hujan lebat yang mengguyur kawasan Gondang, Mojokerto membuat tiga rumah di Desa Kalikatir, Kecamatan Gondang, Kabupeten Mojokerto tergenang lumpur sekitar 30 hingga 40 cm.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, hujan lebat disertai angin ini terkadi sejak Minggu petang (16/01) membuat lereng tebing tergerus air. Akibatnya, aliran air disertai lumpur merambah desa Kalikatir, Gondang.

Muhammad Zaini, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, tiga rumah warga yang terdampak berada Dusun Dokare, Desa Kalikatir, Gondang. “Tiga rumah ini milik Warsini, Kasto dan Riono. Tergenang lumpur 30-40 cm,” ungkapnya.

Kata Zaini, di tiga rumah yang terdampak ini, hampir seluruh isi rumah digenangi lumpur. “Warga sekitar bersama BPBD, relawan serta TNI/Polri sudah melakukan kerja bhakti bergotong royong membersihkan rumah yang terdampak tersebut,” terangnya.

BPBD juga menghimbau agar masyarakat khususnya yang berada di dataran tinggi agar selalu waspada dengan adanya bencana. “Ada beberapa tanda yang harus di waspadai, diantaranya hujan lebat dengan durasi 2 – 3 jam, apabila warna air sumur keruh atau air sungai keruh dan debit air tinggi. Itu diantaranya indikasi awal akan munculnya longsor dan banjir,” pungkasnya.(fam/udi)

Baca Juga :  Banjir Bandang di Kutorejo Mojokerto, Hanyutkan 4 Rumah, 3 Motor dan Mobil
Baca juga :