Facebook Bakal Gabungkan WhatsApp dan Instagram Bisa Saling Chart

Ditarget Tahun Ini selesai

Rencana Facebook yang akan menyalatukan WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger bisa saling berkomunikasi bakal segera dilakukan. Kini para engineer Facebook sedang bekerja keras untuk mewujudkan ide dari Mark Zuckerberg ini.

Mengutip New York Times, rencana penggabungan ini masih dalam tahap awal, namun ditarget selesai akhir tahun ini atau awal 2020. Dibutuhkan ribuan karyawan Facebook untuk melakukan konfigurasi bagaimana fungsi WhatsApp, Instagram dan Messenger di level yang paling dasar.

Dalam tulusan New York Times, Zuckerberg juga meminta semua aplikasi itu mengusung enkripsi end to end, sebuah langkah besar untuk melindungi pesan dari kemungkinan terbaca oleh orang lain kecuali partisipan dalam pembicaraan.

Saat ini, WhatsApp sudah memiliki fitur penyandian end to end sedangkan Messenger hanya mendukung di mode khusus. Namun Instagram sama sekal belum memiliki fasilitas enkripsi.

Rencana penyatuan tiga media sosial terbesar ini tidak diwujudkan dalam bentuk satu aplikasi, baik WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger nantinya tetap menjadi aplikasi terpisah tapi dapat berkirim pesan satu sama lain.

“Ada banyak diskusi dan debat seiring dimulainya proses awal untuk menentukan semua secara detaip,” demikian pernyataan pihak facebook yang dikutip media.

Jika upaya itu berhasil, dominasi Facebook di layanan messaging dunia amat sulit dikalahkan. Karena jumlah pengguna total Faceebook, WhatsApp dan Instagram saat ini di kisaran 2,6 miliar.(sma/int)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :