Antisipasi Macet Mudik Lebaran, Tol Pandaan – Malang Diresmikan

Untuk memperlancar arus mudik lebaran 2019 di Jawa Timur, pemerintah akhirnya meresmikan Tol Pandaan-Malang pada Senin, (13/5/2019).

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, peresmian itu disampaikan langsung oleh Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, usai gelar rakor Angkutan Lebaran Bidang Lalu Lintas di Gedung Negara Grahadi, Minggu (12/5/2019).

Kata Budi, Peresmian Tol Pandaan-Malang sendiri yakni seksi I-III dari Pandaan-Singosari sepanjang 31 Km. Sedangkan untuk seksi IV-V dari Singosari-Malang sepanjang 7,48 KM masih dalam tahap konstruksi.

“Alhamdulillah jalan tol sudah jadi semua. pak Presiden akan meresmikan Pandaan-Malang. Harus kita syukuri,” ujarnya, Minggu (12/05)

Menurutnya, jalan Tol Pandaan-Malang sendiri memiliki total panjang 38,488 KM. Selain itu, jalan tol ini terdiri dari 5 seksi.

Baca Juga :  Mudik Lebaran, Tarif Jalan Tol di Diskon 10% Termasuk tol Mojokerto

Seksi 1 yakni Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,475 KM. Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 KM, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 KM, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 KM, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 KM.

Budi juga mengatakan, dengan terkoneksinya semua Tol Trans Jawa pada mudik lebaran 2019, masih banyak yang harus dipersiapkan. Salah satunya kecenderungan pengemudi yang melaju kencang.

“Dengan adanya jalan tol memang harus ada yang kita persiapkan. Adanya kecenderungan ngebut ya. Oleh karenanya kita minta operator jalan tol, korlantas, Dishub, Dirlantas untuk mewaspadai titik-titik rawan, rambu-rambu dan membatasi kilometer per jam,” tandasnya. (sma/adm)

Baca juga :