Cuaca Ekstrem Suhu 12 Derajat, Pendaki Gunung Penanggungan Diimbau Bawa Jaket Penahan Dingin

Para pendaki dihimbau selalu waspapada terhadap cuaca ekstrim yang sewaktu-waktu bisa berubah. Sebab, suhu udara dingin di puncak Gunung Penanggungan yang memiliki ketinggian 1.653 MDPL di Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Mojokerto mencapai 12 derajat celsius.

Khoirul Anam – Sekertaris LMDH Penanggungan mengatakan, suhu dingin di gunung Penanggungan tidak seberapa berdampak pada pendaki, jika dibandingkan dengan dataran tinggi lainnya. ” Informasi terakhir, suhu dingin di puncak gunung Penanggungan antara 12 sampai 15 derajat celcius, padahal normalnya antara 20 sampai 25,” katanya, Sabtu (29/6/2019).

Anam menghimbau, para pendaki menyiapkan diri untuk menghadapi suhu dingin ekstrim saat mendaki Gunung Penanggungan, seperti jaket penahan dingin serta barang-barang yang bisa digunakan untuk melawan hawa dingin. “Jangan sampai mengalami hipotermia, yakni suatu kondisi dimana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin,” katanya.

Kata Anam, meski akhir-akhir ini suhu udara terasa dingin, namun para pendaki di gunung penanggungan belum ada yang mengalami hipotermia.  ” Penyebab hepotermia bukan hanya disebabkan karena kondis suhu, melainkan fisik dan kemampuan seseorang juga sangat mempengaruhi. Maka dari itu, para pendaki selalu menyiapkan kondisi. Selain fisik, juga perlengkapan yang maksimal selama melakukan pendakian,” tandasnya.

Minimal, satu pendaki juga harus menyiapkan 3 liter air, ” Itu untuk perjalanan naik, saat berada di atas dan bekal untuk turun,” tambahnya.

Baca Juga :  Tolak Full Day School, PMII Galang Tanda Tangan Di Puncak Penanggungan

Selain itu petugas juga melakukan langkah antisipasi kebakaran hutan. Termasuk menyiapkan anggota di pos-pos Gunung Penanggungan. ” Kalau weekend, kurang lebih 5 sampai 7 petugas SAR Penanggungan yang dijagakan di atas. Sedangkan pada hari-hari biasa, petugas akan selalu standby di sini,” tuturnya.

Masih kata Anam, saat ini jumlah pendaki yang naik ke Gunung Penanggungan mencapai 500 orang.

Sementara itu, Safitri, seorang pendaki asal Surabaya mengaku, sudah 2 kali ini naik ke puncak Gunung Penanggungan. Dia mengatakan, puncak gunung Penanggungan dinilai cukup dingin dibandingkan sebelumnya. ” Suhu dingin di puncak gunung terasa sejak malam, kisaran pukul 21.00 WIB hingga pagi hari, ” terangnya. (adm/ats)

Baca juga :