Puncak HKN ke 55, Walikota Mojokerto Beri Penghargaan Puskesmas Hingga Kelurahan

Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 55, yang digelar di Hall Graha Mojokerto Service Center (GMSC) diwarnai dengan berbagai penganugerahan dari Kementerian Kesehatan RI yang diberikan langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, penganugerahan ini diantaranya diberikan kepada Puskesmas Wates dengan predikat Akreditasi Paripurna. Sedangkan untuk predikat Akreditasi Utama diberikan kepada Puskesmas Gedongan, Puskesmas Blooto, Puskesmas Kedundung dan Puskesmas Mentikan.

Selain Puskesmas, Ning Ita sapaan akrab wali kota Mojokerto juga memberikan penganugerah untuk kawasan ODF Kota Mojokerto 2019 yang diberikan kepada Kelurahan Meri, Kelurahan Sentanan. Kelurahan Kedundung dan Kelurahan Mentikan.

Ning Ita juga memberikan penghargaan kepada dr Yusuf Nawir, Sp.Og dan dr Triastutik Sulistyo, Sp.A dalam perannya mengurangi angka anak stunting di Kota Mojokerto. Penganugerahan ini yang diberikan kepada dua dokter ini membuktikan bahwa Pemerintah Kota Mojokerto mampu mengurangi angka stunting.

Salah satunya melalui program screening kesehatan yang kerapdilakukan di sekolah-sekolah. Baik pelajar SD, SMP hingga SMA, tak luput menjadi sasaran program screening.

Seperti data dari Dinas Kesehatan Kota Mojokerto hingga bulan September, anak-anak yang mengalami obesitas rata-rata pelajar yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Yakni, dari persentase 7,5 persen menjadi 2,8 persen untuk anak kekurangan gizi. Sedangkan untuk obesitas, dari persentase 24,3 persen menjadi 17,8 persen.

Ika Puspitasari, Walikota Mojokerto mengatakan, perhargaan ini merupakan motivasi bagi Pemerintah untuk terus meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan bagi masyarakat. “Melalui penghargaan ini, merupakan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan bagi warga Kota Mojokerto,” ungkapnya.

Sedangkan untuk deklarasi dan pembacaan komitmen bersama menuju Kota ODF dilakukan oleh Kecamatan Magersari, Kecamatan Prajurit Kulon, Kecamatan Kranggan, Kelurahan Magersari, Kelurahan Gunung Gedangan, Kelurahan Balongsari, Kelurahan Miji, Kelurahan Kauman, Kelurahan Kranggan, Kelurahan Blooto, Kelurahan Pulorejo dan Kelurahan Prajurit Kulon.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :