Mengenal Lebih Dekat Ikan Dewa, Harganya Jutaan yang Kerap Diburu Jelang Imlek

Ikan dewa atau sering disebut ikan tambra atau ikan sengkaring selalu menjadi incaran warga Tionghoa menjelang Imlek.

Selain memiliki bentuk yang indah, ikan yang masuk genus Tor tersebut harga per kilonya pun sangat fantasis, bisa mencapai Rp 1 juta.

Menurut salah satu peternak ikan dewa di Banyumas, Muhammad Kurniawan, berat spesies ikan dewa tersebut bisa mencapai 12 kilogram.

“Saya melakukan budidaya sejak 2008. Ukuran ikan terbesar bisa sampai 12 kilogram, tapi sudah mati. Ikan ini memiliki habitat di perairan yang deras,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Haryono, ahli dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ikan dewa memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ikan tawar lainnya.

Pertama adalah ukurannya bisa sangat besar, terutama spesies Tor tambroides. Mengingat, ikan dewa ini memilik empat spesies, yaitu Tor tambroides, Tor tambra, Tor douronensis, dan Tor soro.

Kedua adalah tekstur dagingnya yang tebal dan lebih padat dibandingkan ikan tawar lainnya. Lalu, ketiga adalah rasanya lebih enak dan disukai banyak orang.

“Keunggulan lainnya adalah harganya yang menjanjikan, sehingga prospektif untuk dikembangkan,” ungkapany, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (21/1/2020).

Sementara pusat budidaya ikan ini berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Bahkan, kalau menjelang Imlek, omsetnya bisa mencapai Rp 100 juta untuk dikirim ke beberapa daerah, bahkan hingga Malaysia.(sma/udi)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :